Skripsi
ANALISIS KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH DI LINGKUNGAN SETDA KABUPATEN TEGAL
Keputusan pembelian dan pengulangan pembelian konsumen menjadi tujuan akhir yang diinginkan oleh penjual dan hal tersebut merupakan faktor yang penting dalam penentu eksistensi suatu perusahaan. Suatu produk termasuk produk kosmetik Wardah dapat terus bertahan di pasar berawal dari keberlangsungan pembelian oleh konsumen secara terus menerus. Beberapa faktor yang diduga dapat mempengaruhi keputusan pembelian kosmetik Wardah adalah kualitas produk, harga dan kemasan. Kosmetik Wardah adalah produk kosmetik yang cukup dikenal di kalangan karyawati Sekretariat Daerah Kabupaten Tegal.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di lingkungan Setda Kabupaten Tegal; 2) untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di lingkungan Setda Kabupaten Tegal; 3) untuk mengetahui pengaruh kemasan terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di lingkungan Setda Kabupaten Tegal. Hipotesis penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di lingkungan Setda Kabupaten Tegal; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di lingkungan Setda Kabupaten Tegal; dan 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemasan terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di lingkungan Setda Kabupaten Tegal.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah keputusan pembelian (Y), kualitas produk (X1), harga (X2), dan kemasan (X3). Populasi penelitian adalah seluruh karyawati Setda Kabupaten Tegal sejumlah 105 orang yang keseluruhannya diambil sebagai sampel penelitian. 105 kuesioner disebarkan kepada 105 orang responden. Terdapat 5 kuesioner kembali dalam keadaan rusak (terdapat pilihan jawaban yang tidak dijawab dan terdapat jawaban ganda pada satu butir) dengan demikian hanya 100 kuesioner yang dapat direkapitulasi dan diolah untuk analisis data.
Data yang diperoleh berupa data ordinal dan dianalisis dengan analisis korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di lingkungan Setda Kabupaten Tegal dengan koefisien korelasi 0,414; 2) Terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di lingkungan Setda Kabupaten Tegal dengan koefisien korelasi 0,341; 3) Terdapat pengaruh kemasan terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di lingkungan Setda Kabupaten Tegal dengan koefisien korelasi 0,285.
41135002860 | MAS a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain