Skripsi
THE EFFECT OF USING DR-TA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) STRATEGY TOWARDS STUDENTS’ READING COMPREHENSION ACHIEVEMENT (An Experimental Research of the First Grade Students of SMK Satya Praja 2 Petarukan in the Academic Year of 2016/2017)
RAHMA EDMILA, AULIA.2018. 1613500081.The Effect of Using DR-TA (Directed Reading Thinking Activity) Strategy towardsStudents’ Reading Comprehension Achievement (An Experimental Research at the First Grade Students of SMK Satya Praja 2 Petarukan in the Academic Year of 2016/2017). Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris. Pembimbing Pertama Dra. Sri Wardhani, M.Pd.,Pembimbing Kedua H. Sumartono, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Strategi DR-TA, Pencapaian Pemahaman Membaca Siswa
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan apakah Strategi DR-TA (Directed Reading Thinking Activity) efektif untuk digunakan dalam mengajar membaca untuk siswa tingkat pertama SMK Satya Praja 2 Petarukan pada tahun pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian ini adalah siswa tingkat pertama SMK Satya Praja 2 Petarukan yang berjumlah 478 siswa. Penulis mengambil 70 siswa sebagai sampel. Penulis menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan sampel yang terdiri dari 2 kelas. Kelas pertama adalah kelas eksperimen dan kelas kedua adalah kelas control. Setiap kelas terdiri dari 35 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes pemahaman membaca terhadap teks naratif dan berbentuk pilihan ganda terdiri dari 35 soal yang mempunyai lima alternative jawaban (a, b, c, d or e).
Data dianalisis menggunakan t-test untuk mengetahui apakah hipotesis diterima atau tidak. Hasil data menunjukkan bahwa t0 adalah 4,865, dan t-table adalah 1,996 pada taraf signifikan of 5% (0,05). Karena t0 lebih besar dari t-table (4,865 >1,996) maka hipotesis alternatif (H1) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa Strategi DR-TA (Directed Reading Thinking Activity) memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada tingkat pertama SMK Satya Praja 2 Petarukan pada tahun pelajaran 2016/2017.
Guru Bahasa Inggris disarankan untuk mengaplikasikan Strategi DR-TA (Directed Reading Thinking Activity) dalam mengajar membaca. Mereka juga harus memotivasi siswa untuk lebih kreatif. Para guru harus memberikan lebih banyak tugas kepada siswa untuk membuat mereka membiasakan diri untuk membaca.
16135000810 | EDM e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain