Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI MTS MUHAMADIYAH WANASARI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
MUHAMMAD HILALUDIN, HILAL. 2013. Upaya Meningkatkan Sikap Nasionalisme Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIII Di MTs Muhamadiah Wanasari Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Wahyono, M.Hum.
Pembimbing II Dra. Mursyidah DH.,SH.,MH.
Kata Kunci : Sikap, Nasionalisme, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan, peserta didik.
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya sikap nasionalisme pada generasi muda. Salah satu upaya dalam meningkatkan sikap nasionalisme peserta didik atau generasi muda dengan melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana upaya guru mata pelajaran PPKn dalam meningkatkan sikap nasionalisme pada peserta didik Kelas VIII di Mts Muhamadiyah Wanasari ? (2) Sejauh mana pencapaian pemahaman sikap nasionalisme pada peserta didik Kelas VIII di Mts Muhamadiyah Wanasaari ? (3) Faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala guru mata pelajaran PPKn dalam meningkatkan sikap nasionalisme pada peserta didik Kelas VIII di MTs Muhamadiyah Wanasari ?
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam situasi sosial penelitian ini meliputi 1 guru PPKn dan 150 peserta didik Kelas VIII A-C di MTs Muhamadiyah Wanasari, sedangkan yang dijadikan responden 9 peserta didik kelas VIII. Responden yang diambil menggunakan purposive sampel. Teknik analisis data menggunakan, Data Reduction, Data Display, Conclusion Drawing.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Upaya guru mata pelajaran PPKn meningkatkan sikap nasionalisme peserta didik kelas VIII di MTs Muhamadiyah Wanasari sudah cukup baik, walaupun belum maksimal. (2) Pencapaian pemahaman sikap nasionalisme peserta didik kelas VIII di MTs Muhamadiyah Wanasari sudah cukup baik,walaupun ada peserta didik kelas VIII yang sikap nasionalisme masih kurang. (3) Kendala guru mata pelajaran PPKn dalam meningkatkan sikap nasionalisme peserta didik kelas VIII di Mts Muhamadiyah Wanasari meliputi, kurangnya media bantu LCD, proyektor, dan buku PPKn serta kehadiran peserta didik yang masih kurang.
Saran dalam penelitian ini, peneliti menyampaikan : (1) Bagi MTs Muhamadiyah Wanasari diharapkan dapat meningkatan media atau fasilitas belajar dan ditikatkan lagi dalam pengembangan nilai-nilai nasionalisme dalam lingkungan sekolah. (2) Bagi Guru diharapkan mampu menjadi seorang figur peran utama dalam memberikan contoh sikap nasionalisme pada peserta didiknya. (3) Bagi Peserta didik diharapkan bisa ditingkatkan lagi sikap nasionalismenya.
12115000260 | HIL u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain