Skripsi
PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM DIALOG NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Faizal, Nur. 2018 “Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Dialog Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs, Bowo Hermaji, M.Pd, Pembimbing II Lely Triana M.Pd.
Kata kunci: prinsip kesantunan, dialog, implikasi, pembelajaran.
Prinsip kesantunan bahasa merupakan aspek yang sangat penting dalam berkomunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prinsip kesantunan berahasa dalam dialog novel Laskar Pelangi karya Andea Hirata dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Pendekatan dan desain dalam penelitian menggunakan kualitatif. Prosedur dalam penelitian ini dengan pengumpulan data, menganalisis prinsip kesantunan berbahasa, menginterperensi hasil analisis, dan menarik simpulan dari hasil analisis penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah dialog, novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Data dalam penelitian ini adalah dialog, dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik analisis heuristik yaitu dengan baca, simak, dan catat dialog yang telah diamati. Analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis teknik deskriptif yang terdapat pada dialog novel Laskar Pelangi karya Andrea hirata.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea hirata jenis prinsip kesantunan berbahasa meliputi maksim ketimbangrasaan atau kebijaksanaan (tact maxim), maksim penghargaan atau pujian (Approbation Maxim), maksim kemurahhatian atau kedermawanan (generosity maxim), maksim kerendahhatian atau kesederhanaan (modesty maxim), maksim kesetujuan atau permufakatan (ageement maxim), maksim kesimpatian (sympaty maxim). Hasil penelitian ini memiliki implikasi positif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia dalam merumuskan materi atau bahan pembelajaran, khususnya yang berkaitan dengan kesantunan berbahasa.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada siswa untuk menjadikan novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata sebaagai pemahaman terhadap siswa dapat membedakan dialog yang santun dan dialog yang kurang santun dan menjadikan media novel sebagai alternatif pembelajaran kesantunan berbahasa yang mudah dipahami oleh siswa. Bagi pembaca, khususnya pada guru dan siswa hendaknya dapat menjadikan dialog novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata sebagai pemahaman berbahasa terhadap kehidupan sosial yang banyak terjadi saat ini. Setelah membaca skripsi ini berharap para pembaca bisa bertambah ilmunya, khususnya tentang prinsip kesantunan berbahasa dan para pembaca dapat membedakan bahasa santun dan bahasa tidak santun.
15125000600 | FAI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain