Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KARIR MENGGUNAKAN TEKNIK CLIENT CENTERED TERHADAP ARAH MINAT SEKOLAH LANJUTAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
M IQBAL MUSTOFA. 1111500038. 2016. Pengaruh Layanan Bimbingan Karir Menggunakan Tekhnik Client Centered Terhadap Arah Minat Sekolah Lanjutan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran
2016/2017. Skripsi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Sukoco KW, M.Pd Pembimbing II Dr. Suriswo, M.Pd.
Kata Kunci: Bimbingan Karir. Teknik Client Centered, Arah Minat Sekolah
Lanjutan.
Dalam penelitian awal yang dilakukan di SMP Negeri 4 Adiwerna Kabupaten Tegal diperoleh data bahwa arah minat peserta didik kelas VIII kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Karir Menggunaka Tekhnik Client Centerd Terhadap Arah Minat Sekolah Lanjutan Peserta Didik Kelas VIII Smp Negeri 4 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 4 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 316 peserta didik, adapun sampel yang telah ditentukan dalam penelitian sebanyak 34 peserta didik diambil dari peserta didik yang belum mengetahui arah minat sekolah lanjutan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan uji t-tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan peserta didik sebelum pemberian layanan bimbingan karir menggunakan teknik client centered dalam kriteria rendah yaitu (23,5%) atau sebanyak 8 peserta didik, Sedangkan, setelah pemberian layanan bimbingan karir menggunakan teknik client centered terhadap arah minat sekolah lanjutan peserta didik menjadi tinggi yaitu (29,4%) atau sebanyak 10 peserta didik. Sedangkan hasil uji t-test uji t-test diperoleh nilai thitung sebesar 8,73. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) sebesar 2,73, dengan demikian thitung =
98,73> ttabel = 2,73. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan
karir menggunakan teknik client centered terhadap arah minat sekolah lanjutan
peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun
Pelajaran 2016/2017.
Saran yang dapat dikemukakan dari simpulan adalah diharapkan bagi guru pembimbing dapat lebih memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling agar peserta didik yang belum optimal hubungan sosialnya dapat ditangani dengan baik.
11115000380 | MUS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain