Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN TUTOR SEBAYA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X MIPA Semester Genap Pokok Bahasan Trigonometri SMA Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017
NUGROHO, SETYO DWI. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan Tutor Sebaya terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Pokok Trigonometri (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X MIPA Semester Genap SMA Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si., M.Pd.
Pembimbing II Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom.
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Tutor Sebaya, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan tutor sebaya mencapai target, 2) Motivasi dan prestasi belajar matematika belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan tutor sebaya lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, dan 3) Ada perbedaan antara motivasi dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan tutor sebaya dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA semester genap SMA Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah peserta didik 176 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling kemudian dilanjut teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes dan angket, sebelumnya data diuji dengan validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji-t satu pihak kanan, uji manova satu arah, dan uji τ^2- Hotelling, dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan tutor sebaya mencapai target, 2) Motivasi dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan tutor sebaya lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, dan 3) Ada perbedaan antara motivasi dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan tutor sebaya dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.
17135001290 | NUG k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain