Skripsi
PENGARUH FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL TAHUN 2017/2018
Kata Kunci : Fasiltas, sarana dan prasrana, kepuasan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan belajar mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal tahun 2017/2018.Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal tahun pelajaran 2017/2018 yang tercatat masih aktif sebanyak 1.944 mahasiswa, Pada penelitian ini jumlah sampel dihitung sebanyak 5% dari jumlah populasi. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik insidental sampling. Insidental sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel yang kebetulan ditemui ini cocok sebagai sumber data. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket Fasilitas Pembelajaran dan angket Kepuasan Belajar. Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu instrument diteskan kepada 22 mahasiswa.
Analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5% menunjukkan pengaruh signifikan fasilitas pembelajaran dengan kategori baik dan mengindikasikan sangat tingginya kepuasan belajar mahasiswa. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa fasilitas pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan belajar mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kajian mengenai pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan belajar ini perlu ditindak lanjuti dengan penelitian lain yang sejenis untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan belajar mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Disamping itu, penelitian ini dapat pula dikaji dari aspek-aspek yang lain, yaitu aspek motivasi, kualitas pelayanan, minat belajar dan sebagainya.
13135000360 | SAL p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain