Skripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Motivasi Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas pelayanan akademik dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang banyak dituntut menggunakan angka sebagai sumber pengolahan sampai penyajian hasilnya.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal yang tercatat aktif sebanyak 1944 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik insidental sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 5% dari populasi sebesar 97 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji-t.
Hasil perhitungan diketahui persamaan regresi linear sederhana Y=2,930+0,991X+E, dan hasil uji-t diketahui bahwa thitung=10,651 dan dikonsultasikan dengan ttabel untuk N=97 taraf keabsahan d.f= (97-2=95) dengan tingkat kesalahan 5% sebesar=1,985. Karena thitung> ttabel yaitu 10,651 >1,985, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan akademik dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada dosen untuk meningkatkan kualitas pelayanan akademik serta perhatian kepada mahasiswa, pihak Universitas Pancasakti Tegal untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan akademik dosen dan diharapkan melakukan evaluasi mengenai pelayanan akademiknya guna membuat kepercayaan masyarakat terhadap perguruan tinggi swasta meningkat.
13135000510 | MAR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain