Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSIDI SMK BHAKTI PRAJA TALANG
Kata Kunci : kemampuan berpikir logis, kreatif, keterampilan belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan berpikir logis dan kreatif terhadap keterampilan belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Bhakti Praja Talang.
Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Akuntansi SMK Bhakti Praja Talang yang berjumlah 49 siswa.sampel ditetapkan dengan teknik sampling populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan berpikir logis terhadap keterampilan belajar yang dibuktikan dengan hasil persamaan perhitungan analisis regresi linear sederhana Y = 4,95 + 0,83 X dan diketahui thitung = 6,863 dikonsultasikan dengan ttabel untuk N-49 dengan tingkat kesalahan 5% , thitung > ttabel yaitu 6,863 > 2,010, maka diterima dan ditolak. Kemudian diketahui ada pegaruh positif dan signifikan antara kreatif siswa terhadap keterampilan belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil persamaan perhitungan analisis regresi linear sederhana Y = 4,95 + 0,83 X dan diketahui thitung = 6,863 dikonsultasikan dengan ttabel untuk N-49 dengan tingkat kesalahan 5% adalah, maka thitung > ttabel yaitu 6,863 > 2,010, maka diterima dan ditolak. Dan ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan berpikir logis dan kreatif siswa terhadap keterampilan belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil persamaan perhitungan analisis regresi linear ganda Y = 3,57 + 0,85 + 0,033 dan diketahui Fhitung = 95,03 dan Ftabel = 3,20 dengan signifikansi F sebesar 5%, maka diterima dan ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada guru agar lebih memperhatikan kemampuan berpikir logis dan kreatif siswa dalam keterampilan belajar. Kemampuan berpikir logis dan kreatif siswa yang baik akan mempermudah siswa untuk memperoleh nilai yang baik dalam proses pembelajaran bagi siswa.
13135000370 | AUL p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain