Skripsi
PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP N 2 Dukuhturi Kabupaten Tegal Ta
MULYONO, ADE. 2018. “Pengaruh Minat Belajar Dan Kemampuan Visual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II Smp N 2 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016 / 2017)”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal, Januari 2018.
Pembimbing I: Isnani, M.Si., M.Pd.; Pembimbing II: Dr. Purwo Susongko, M.Pd.
Kata Kunci: Pengaruh, Pembelajaran Pendekatan Realistic Mathematics Education, Minat Belajar, Kemampuan Visual, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). mendeskripsikan pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education, (2). mendeskripsikan pengaruh kemampuan visual terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education, (3). Mendeskripsikan minat belajar dan pengaruh kemampuan visual terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education.
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini kelas VIII dari 9 kelas ada 297 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian regresi, yang melibatkan tiga kelas ada 99 peserta didik sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa pengamatan minat belajar matematika yang telah teruji validitas dan reabilitas dan tes kemampuan visual dan kemampuan pemecahan masalah matematika yang telah teruji validitas, reabilitas, taraf kesukaran, daya beda tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana pengaruh minat belajar terhadap kamampuan pemecahan masalah, uji regresi sederhana pengaruh kemampuan visual terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan uji regresi ganda pengaruh minat belajar dan kemampuan visual terhadap kemampuan pemecahan masalah, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). ada pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education, (2). ada pengaruh kemampuan visual terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education, (3). Ada pengaruh minat belajar dan kemampuan visual terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education.
17135000330 | MUL p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain