Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II MTs Muhammadiyah Wanasari Brebes pada Materi Pokok Persamaan Kuadrat Tahun Pelajaran 2016/2017)
Yuliyanti. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Introduction Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II MTs Muhammadiyah Wanasari Brebes pada Materi Pokok Persamaan Kuadrat Tahun Pelajaran 2016/2017). Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing 1 : Drs. Ponoharjo, M.Pd., 2 : Dra, Eleonora DW, M.Pd
Kata Kunci : keefektifan, model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI), prestasi belajar matematika
Permasalahan utama yang terjadi dalam pembelajaran pada pendidikan formal adalah masih rendahnya daya serap peserta didik . Hal ini tampak dari rerata prestasi belajar peserta didik yang masih sangat memprihatinkan. Untuk itu, perlu adanya proses pembelajaran yang mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran PBI. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui : 1) perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PBI dengan peserta didik yang diajar menggunakan model konvensional. 2) keefektifan model pembelajaran PBI dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII, dengan pengambilan sampel secara cluster random sampling, diperoleh sampel 5 kelas yaitu peserta didik kelas VIII A – VIII E MTs Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 125 siswa. Instrumen yang digunakan tes prestasi belajar berbentuk pilihan ganda. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan RAK dan uji-t pihak kanan dengan terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitas menggunakan uji Liliefors dan Bartlett.
Hasil penelitian diperoleh : (1) Ada perbedaan prestasi belajar pada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran PBI dengan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas VIII semester genap MTs Muhammadiyah Wanasari tahun pelajaran 2016/2017 dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 75,20 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 67,05. (2) Penggunaan model pembelajaran PBI lebih efektif dari model pembelajaran konvensional, dengan banyaknya nilai modus adalah 78 dan 83, lebih tinggi dari kelas control nilai modusnya adalah 70.
17135001300 | YUL k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain