Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VIII MTS Al Muawanah Harjawinangun Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2016/2017)
UMAM, KHOTIBUL. 2018. “Keefektifan Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Media Microsoft PowerPoint Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VIII MTS Al Muawanah Harjawinangun Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2016/2017)”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal, Januari 2018.
Pembimbing I: Drs.Suwandono, M.Pd.; Pembimbing II: Wikan Budi Utami,M.Pd.
Kata Kunci: Keefektifan, Model Pembelajaran Probing Prompting, Kemampuan Penalaran Matematis, Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan penalaran matematis dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan Media Microsoft PowerPoint mencapai target KKM, (2) ada perbedaan kemampuan penalaran matematis dan prestasi belajar matematika peserta didik antara kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan Media Microsoft PowerPoint dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Probing Prompting tanpa berbantuan Media Microsoft PowerPoint, (3) model pembelajaran Probing Prompting berbantuan Media Microsoft PowerPoint lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Probing Prompting tanpa berbantuan Media Microsoft PowerPoint terhadap kemampuan penalaran matematis dan prestasi belajar matematika peserta didik. Penelitian dilaksanakan di MTS Al Muawanah Harjawinangun Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, kelas VIII B, kelas VIII C. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan 94 peserta didik sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik total quota sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan penalaran matematis dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Probing Prompting berbantuanan media Microsoft PowerPoint telah mencapai target KKM, (2) ada perbedaan kemampuan penalaran matematis dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Probing Prompting berbantuanan media Microsoft PowerPoint dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Probing Prompting tanpa berbantuan media Microsoft PowerPoint, (3) model pembelajaran Probing Prompting berbantuanan media Microsoft PowerPoint lebih efektif dari pada model pembelajaran Probing Prompting tanpa berbantuanan media Microsoft PowerPoint terhadap kemampuan penalaran matematis dan prestasi belajar matematika.
17135000110 | UMA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain