Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN RESITASI TERSTRUKTUR SECARA KONTINU TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ( Suatu Penelitian pada Peserta didik dalam Materi Garis dan Sudut Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Pangkah Tahun Ajaran 2016/2017 )
AMALIA, AIFI. 2017. “Keefektifan Pemberian Tugas Dengan Resitasi Terstruktur Secara Kontinu terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitianpada pada Peserta Didik dalam materi Garis dan Sudut Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2016/2017)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora D.W., M.Pd.
Pembimbing II Drs.Suwandono, M.Pd.
Kata Kunci : Keefektifan, Metode Pemberian tugas dengan resitasi terstruktur secara kontinu, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.
Siswa SMP Negeri 3 Pangkah khususnya kelas VIII sebagian menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan tidak menarik, sehingga banyak siswa yang kurang termotivasi dalam belajar matematika, hal ini berdampak buruk bagi prestasi belajar matematika. Selanjutnya dilakukan penelitian dengan bertujuan untuk : :(1) Metode pembelajaran Pemberian tugas dengan resitasi terstruktu rsecara kontinu lebih baik dari pada metode pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar, (2) Metode pembelajaran Pemberian tugas dengan resitasi terstruktur secara kontinu lebih baik dari pada metode pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar(3) Ada perbedaan motivasi dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar metode pembelajaran Pemberiantugasdenganresitasiterstruktursecarakontinu dan metode pembelajaran konvensional,
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VII semester II SMP Negeri 3PangkahKabupaten Tegal 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, angket dan tes. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak kanan, manova dan dilanjutkan uji τ2-Hotelling.
Hasil penelitian menunjukanbahwa: (1) Model pembelajaran Pemberiantugasdenganresitasiterstruktursecarakontinu lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar,(2) Model pembelajaran Pemberiantugasdenganresitasiterstruktursecarakontinu lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar, (3) Ada perbedaan setelah diajar menggunakan metode pemberian tugas dengan resitasi terstruktur secara kontinu dengan metode konvensional terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika, (4) Metode pemberian tugas dengan resitasi terstruktur secara kontinu lebih baik dari pada metode konvensional terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika.
17135000880 | AMA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain