Skripsi
IMPLIKASI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KESADARAN HUKUM PESERTA DIDIK KELAS X SMK N 1 DUKUHTURI
Nur Riski Amarulloh. 2018. “Implikasi Pendidikan Kewarganegaraan melalui model pembelajaran Problem Solving terhadap Kesadaran Hukum Peserta didik Kelas X SMK Negeri 1 Dukuhturi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Wahyono, M.Hum.
Pembimbing II Drs. Nurcholis, M.Pd.
Kata Kunci : Problem Solving, Kesadaran Hukum
Model pemebelajaran problem solving sebagai metode pemecahan masalah yang menghubungkan kondisi objektif, dengan pemikiran rasional mengubungkan peraturan-peraturan yang berlaku guna meningkatkan kesadaran hukum peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem solving guna meningkatkan kesadaran hukum dimata pelajaran PKn pada peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2017-2017.
Responden penelitian guru dan peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Dukuhturi masyarakat Tahun Pelajaran 2017-2018 dengan 2 Guru dan 10 Peserta didik dari perwakilan tiap Program Keahlian. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik triangulasi dan member check. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan prosedur analisis data dengan melalui tahap: pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan verifikasi data.
Hasil menunjukkan bahwa, Penerapan model pembelajaran Problem Solving di mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) memberikan hasil pemahaman peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Dukuhturi tahun pelajaran 2017-2018 dalam aspek kognitif memahami susunan dari tiap rencana mempunyai tujuannya masing-masing, kedua afektif atau sikap yang seperti apa peserta didik yang dilakukan dalam perencanaan penyelesaian masalah, dan yang ketiga adalah psikomotorik, yaitu pengambilan sikap atau ketrampilan sebagai tercapainya penyusunan perencanaan penyelesaian masalah. Peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Dukuhturi tahun pelajaran 2017-2018 sudah pada tingkat sedang, dangan merujuk pada pemahaman hukum peraturan sekolah sebagai contoh perilaku-perilaku yang diperpelohkan hukum dan tidak diperbolehkan hukum. Dalam penyelesaian perbuatan melawan hukum, peserta didik juga memilki pemahan yang cukup baik, dengan mengedapankan musyawarah dan melaporkan kepihak yang berwenang sebagai penyelesaian dari tugas lembaga penegakan hukum.
Saran kepada sekolah sebagai lembaga pendidikan hendaknya senatiasa mengelaborasikan tiap informasi berbaru tentang hukum pada proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Serta mengkajinya dalam nilai-nilai pancasila.
12135000360 | AMA i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain