Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA MELALUI MEDIA PIRAMIDA CERITA DAN METODE TANYA JAWAB PADA SISWA KELAS VIII A MTS WAHID HASYIM PETARUKAN PEMALANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016
FITRIONO, AGUNG. 2016. “Peningkatan hasil belajar siswa dalam materi Pancasila sebagai ideologi negara melalui media piramida cerita dan metode tanya jawab pada siswa kelas VIII A MTs Wahid Hasyim Petarukan Pemalang semester genap tahun pelajaran 2015/2016”. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Drs. Nurcholis, M.Pd Pembimbing I. Drs. Subiyanto, M.Pd Pembimbing II. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci: Hasil belajar, Peramida cerita, Pancasila sebagai Ideologi Negara
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn pada materi Pancasila sebagai Ideologi Negara yang dilakukan pada kelas VIII A MTs Wahid hasyim Petarukan pada semester 2 tahun pelajaran 2015/2016.
Kegiatan penelitian dilakukan selama 4 bulan yaitu pada bulan Januari sampai dengan April 2016. Kegiatan selama tiga bulan tersebut meliputi penyusunan proposal, penyusunan instrument, pengumpulan data, analisis data ,pembahasan hasil penelitian dan diakhiri dengan pembuatan laporan penelitian.
Penelitian ini menggunakan media piramida cerita dan metode Tanya jawab. subyek penelitian siswa kelas VIII A sejumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes.ini melalui tindakan siklus I dan siklus II. Teknik non tes berupa lembar observasi dan teknik tes berupa penilaian soal uraian. Dalam analisa data kuantitatif digunakan statistik deskriptif komparatif yaiut membandingkan hasil belajar setiap siklus. Untuk analisa data kualitatif digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu deskripsi berdasarkan hasil observasi masing-masing siklus
Dari penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa ada peningkatan hasil belajar PPKn pada materi Pancasila sebagai Ideologi Negara pada kondisi awal sebesar 12,5% ditingkatkan menjadi 50% pada siklus 1 dan menjadi 75% pada siklus 2.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada rekan guru untuk mengimplementasikan berbagai teknik dari model pembelajaran kooperatif dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan berbagai teknik itu disesuaikan dengan kondisi dan materi pembelajaran
12115000240 | FIT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain