Skripsi
PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP KEPUASAN BELAJAR SISWA KELAS XI DISMK NURUL ULUM LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
HIFNI ALI FAHMI.2018. Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Kepuasan Belajar Siswa Kelas XI SMK Nurul Ulum Lebaksiu Kabupaten Tegal.Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
PembimbingI : A. Rony Yulianto, M.Pd
Pembimbing II: Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd, M.Si.
Kata Kunci : Kinerja Guru, Kepuasan Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Kepuasan Belajar Siswa Kelas XI.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang banyak dituntut menggunakan angka sebagai sumber pengolahan sampai penyajian hasilnya.
Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI SMK Nurul Ulum Lebaksiu Kabupaten Tegal yang tercatat aktif sebanyak 205 mahasiswa.Pengambilan sampel menggunakan teknik insidental sampling.Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 5% dari populasi sebesar 67 mahasiswa.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji-t.
Hasil perhitungan yang menyatakan bahwa adanya pengaruh kinerja guru terhadap kepuasan belajar siswa diketahui persamaan regresi linear sederhana, Y=3,929+0,591X+E yang mengartiakan tentang adanya keterkaitan antara kinerja guru (X) dan kepuasan belajar siswa(Y). persamaan tersebut dapat dijelaskan apabila kinerja guru (X) dinaikan 1% maka akan mempegaruhi kepuasan belajar siswa sebesar 0,591%, dan hasil uji-t untuk menguji hipotesis penelitian tentang ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara kinerja guru (X) dan kepuasan belajar siswa (Y). hasil ujit menyatakan adanya pengaruh kinerja guru terhadap kepuasan belajar siswa sebesar thitung = 8,11 dan dikonsultasikan dengan ttabel untuk N=67 taraf keabsahan d.f= (67-2=65) dengan tingkat kesalahan 5% sebesar=1,996. Yang menjadikan pernyataan thitung> ttabel yaitu 8,11> 1,996, maka hipotesis alternatif (Ha) Di Terima dan hipotesis nol (Ho) Di Tolak. Hal ini berarti terdapat Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Kepuasan Belajar Siswa Kelas XI SMK Nurul Ulum Lebaksiu Kabupaten Tegal.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka diharapkan agar bisa dijadikan sebagai referensi dalam membantu memperbaiki kualitas kinerja guru yang ada di ruang lingkup SMK Nurul Ulum Lebaksiu, agar dapat meningkatkan kepuasan belajar siswa, dengan meningkatnya kepuasan belajar diharapkan siswa mampu meraih prestasi belajar yang lebih baik sehingga mampu memberi kepercayaan masyarakat terhadap Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK Nurul Ulum Lebaksiu Kabupaten Tegal.
13135000410 | FAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain