Skripsi
PENGARUH BERPIKIR KRITIS DAN PENALARAN TERHADAP KETERAMPILAN BELAJAR SISWA KELAS XI PEMASARAN MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS DI SMK NEGERI 01 DUKUHTURI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
NURLAELA, UCU. 2017. Pengaruh Berpikir kritis dan Penalaran Terhadap Keterampilan Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Di SMK Negeri 1 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2017/2018.
Pembimbing I. Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd.,M.Si
Pembimbing II. Dr.H.Basukiyatno,M.Pd
Kata Kunci : Berpikir Kritis, Penalaran, Dan Keterampilan Belajar
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh berpikir kritis dan penalaran terhadap keterampilan belajar siswa kelas XI pemasaran mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis di SMK Negeri 1 Dukuhturi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara berpikir kritis dan penalaran terhadap keterampilan belajar siswa pemasaran SMK Negeri 1 Dukuhturi.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI pemasaran SMK N 1 Dukuhturi. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak (random sampling) dimana sampel yang digunakan sebanyak 30 orang. Sedangkan datanya berupa kuesioner atau angket dan dokumentasi. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket. Instrumen angket penelitian diuji dengan validitas dan reliabilitas alpha cronbach yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment. Untuk menguji hipotesis penulis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berpikir kritis mempunyai pengaruh terhadap keterampilan belajar dengan tingkat pengaruh sebesar thitung 5,29, setelah itu dikonsultasikan dengan ttabel dengan N=30 dan tingkat kesalahan 5% diketahui ttabel 2,042 jadi thitung>ttabel yaitu 5,29>2,042 . Kemudian Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa penalaran mempunyai pengaruh terhadap keterampilan belajar dengan tingkat pengaruh sebesar thitung 5,291, setelah itu dikonsultasikan dengan ttabel dengan N=30 dan tingkat kesalahan 5% diketahui ttabel 2,042 jadi thitung>ttabel yaitu 5,291>2,042. Untuk analisis regresi berganda dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa berpikir kritis dan penalaran mempunyai pengaruh terhadap keterampilan belajar dengan tingkat pengaruh sebesar fhitung 7,962, selanjutnya dikonsultasikan ftable (ft) dengan dk pembilang = k (2) dan dk penyebut = (n-k-1) (30-2-1) dan taraf kesalahan yang di tetapkan 5% maka Ftabel 3,33, jadi fhitung>ftabel yaitu 7,962>3,33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara berpikir kritis dan penalaran terhadap keterampilan belajar kelas XI pemasaran SMK Negeri 1 Dukuhturi. Oleh Karena itu, berpikir kritis dan penalaran hendaknya lebih ditingkatkan lagi agar keterampilan belajar siswa lebih meningkat.
13135000620 | NUR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain