Skripsi
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMP Bhakti Praja Suradadi Tahun Pelajaran 2016/2017)
DIAH NURMALASARI. 2018 “Efektifitas Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMP Bhakti Praja Suradadi Tahun Pelajaran 2016/2017).”
Skripsi. Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd., M.Si.
Pembimbing II Dra. Hj. Dewi Apriani, Fr, M.M.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Media Gambar, Prestasi Belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran dengan media gambar secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS kelas VII SMP Bhakti Praja Suradadi tahun pelajaran 2016/2017
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Bhakti Praja Suradadi Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang diambil adalah sebanyak 50 siswa yang memenuhi kriteria yaitu Siswa pada tahun pelajaran 2016/2017, Siswa Kelas VII SMP Bhakti Praja Suradadi dan Siswa laki-laki maupun perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji signifikansi parsial (uji t) serta uji signifikansi simultan (uji F).
Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terhadap prestasi belajar. Hasil uji signifikansi memberikan nilai t hitung (11,145) > t tabel (2,011) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 ˂ 0,05. Terdapat juga adanya pengaruh media gambar terhadap prestasi belajar. Hasil uji signifikansi memberikan nilai t hitung (4,714) > t tabel (2,011) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 ˂ 0,05. Hasil penelitian juga menunjukan terdapat adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri dan media gambar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Hasil uji signifikansi memperoleh nilai F hitung (494,341) > F tabel (3,20) dan nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan perlu peningkatan model pembelajaran inkuiri dan media gambar di lingkungan sekolah. Model pembelajaran inkuiri memberikan dorongan secara tidak langsung kepada siswa untuk bekerja sama, bersikap objektif, jujur, percaya diri, penuh tanggung jawab, berbagi tugas dan sebagainya. Selain itu media gambar yang disajikan sebaiknya model gambar yang menarik perhatian, tidak terlalu komplek atau sederhana serta diberikan kepada kelompok dengan jumlah yang sedikit atau maksimal 20 siswa.
13135000600 | NUR e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain