Skripsi
PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK Al Amiriyah Kambangan Lebaksiu 2016/2017)
DIAN RATIH PUSPITA DEWI. 2018 “Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Aktivitas Belajar Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK Al Amiriyah Kambangan Lebaksiu 2016/2017).” Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Hj. Dewi Apriani, Fr, M.M.
Pembimbing II Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd., M.Si.
Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengelolaan kelas dan aktivitas belajar siswa secara parsial dan secara simultan terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan pada siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK Al Amiriyah tahun pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK Al Amiriyah Kambangan Lebaksiu yang berjumlah 50 siswa. Karena jumlah subjek populasi tidak terlalu banyak maka seluruh populasi akan dijadikan sebagai wilayah sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Angket atau kuesioner merupakan tehnik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji signifikansi parsial (uji t) serta uji signifikansi simultan (uji F).
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar atau Ho ditolak. Berdasarkan perhitungan uji signifikansi pengelolaan kelas terhadap hasil belajar diperoleh nilai t hitung (2,741) > t tabel (2,011) dan nilai signifikansi 0,018 < 0,05. Kemudian diketahui terdapat pengaruh yang signifikan aktivitas belajar terhadap hasil belajar atau Ho ditolak. Berdasarkan perhitungan uji signifikansi aktivitas belajar terhadap hasil belajar diperoleh nilai t hitung (5,728) > t tabel (2,011) dan nilai signifikansi 0,018 < 0,05. Hasil penelitian juga mengungkapkan terdapat pengaruh yang signifikan pengelolaan kelas dan aktivitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Berdasarkan uji signifikansi simultan diperoleh nilai F hitung 135,174 > 3,20 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan perlu peningkatan sistem pengelolaan kelas dan peningkatan aktivitas belajar pada SMK Al Amiriyah Kambangan Lebaksiu terutama kelas XI Teknik Komputer Jaringan. Sistem pengelolaan kelas perlu diterapkan dan ditingkatkan dalam berbagai situasi dan kondisi belajar mengajar. Aktivitas belajar juga perlu ditingkatkan agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat sesuai dengan harapan guru dan sekolah.
13135000610 | DEW p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain