Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE PELATIHAN AKTING MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA SISWA SMA MUHAMMADIYAH TEGAL
Eliandita, Septika Devi. 2017. “Keefektifan Metode Pelatihan Akting Meningkatkan Kemampuan Bermain Drama Siswa SMA Muhammadiyah Tegal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Tri Mulyono, M.Pd.
Pembimbing II Drs. Bowo Hermaji, M.Pd. / Syamsul Anwar,M.Pd.
Kata kunci : metode pelatihan akting, bermain drama
Dalam penelitian ini telah dibahas keefektifan metode pelatihan akting untuk meningkatkan kemampuan bermain drama pada siswa dalam pembelajaran drama. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu bagaimana keefektifan metode pelatihan akting dalam pembelajaran bermain drama di SMA Muhammadiyah Tegal?
Berdasarkan masalahnya, maka tujuan penelitiannya adalah untuk mendeskripsikan metode pelatihan akting dalam pembelajaran bermain drama di SMA Muhammadiyah Tegal.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekartan kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Tegal sebanyak 50 siswa, sedangkan datanya berupa nilai siswa. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan metode tes bermain drama. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik, dengan rumus uji t-non indipenden dan uji t-indipenden.
Data penelitian diperoleh dari hasil analisis uji t-non indipenden antara nilai pretes dan protes di kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai t hitung > t tabel (7,79 > 1,17 dan 7,26 > 1,17). Hal ini menunjukkan keefektifan metode pelatihan akting pada siswa saat pretes dan postes. Dalam penghitungan untuk membandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai t hitung > t tabel (3,89 > 1,68) dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pelatihan akting sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan bermain drama pada siswa SMA.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan kepada guru agar memberikan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif sehingga dapat memberikan motivasi kepada siswa agar lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.
15135000830 | ELI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain