Skripsi
NILAI ETIS PADA NOVEL AYAHKU BUKAN PEMBOHONG KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
AMALIA, HIMATUN. 1513500052. 2017. “Nilai Etis pada Novel Ayahku Bukan Pembohong karya Tere Liye dan Implikasinya terhadap pembelajaran Sastra di SMA”. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Tri Mulyono, M.Pd.
Pembimbing II Leli Triyana, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai Etis, Novel, Pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan nilai etis yang terdapat dalam novel Ayahku Bukan Pembohong Karya Tere Liye. (2) Mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran di SMA.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, yaitu cara menghampiri objek penelitian ini adalah nilai etis pada novel Ayahku Bukan Pembohong karya Tere Liye. Sumber data diperoleh dari seluruh wacana dari Ayahku Bukan Pembohong karya Tere Liye. Wujud data berupa teks bacaan yang menganndung nilai etis pada Ayahku Bukan Pembohong karya Tere Liye. Penyediaan data memperoleh data dari studi pustaka dalam penelitian nilai etis novel Ayahku Bukan pembohong karya Tere Liye. Analisis data menggunakan teknik baca, simak, dan catat. Penyedian hasil analisis yaitu tahap akhir dengaan memaparkan hasil penelitian.
Hasil penelitian berdasarkan hasil Analisis dari novel Ayahku Bukan Pembohong karya Tere Liye terdapat beberapa nilai etis. Diantaranya adalah rajin ditemukan 8 data, Optimis ditemukan 10 data, Pekerja keras ditemukan 8 data, Sabar ditemukan 3 data. Berperilaku baik ditemukan 7 data, dan Tidak Egois ditemukan 4 data. Dari data-data diatas banyak ditunjukkan oleh Dam.
Implikasi nilai etis pada novel Ayahku Bukan Pembohong karya Tere Liye terhadap pembelajaran sastra di SMA dapat memberikan pengaruh positif kepada para siswa untuk mencapai tujuan dalam pendidikan dan siswa dapat menangkap, memahami, dan mengambil pembelajaran nilai etis. Selain itu, nilai etis pada novel Ayahku Bukan Pembohong layak diajarkan kepada siswa SMA sesuai Standar Kompetensi (SK) 7. Memahami berbagai hikayat novel Indonesia/novel terjemahan kelas XI semester I dalam aspek pembelajaran membaca.
Saran pada penelitian ini adalah agar para guru bahasa Indonesia memberikan pemahaman pada siswa tentang sastra. Bagi siswa, Nilai etis merupakan pembelajaran yang tepat karena siswa akan dapat menambah daya tariknya karya sastra dan menjadi pembelajaran efektif bahasa Indonesia khususnya membaca.
15135000520 | AMA n C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain