Skripsi
IMPLIKATUR DIALOG TOKOH LUPIT DAN SLENTENG DALAM WAYANG GOLEK KI ENTUS SUSMONO “UDUD DULU” DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
YULIANTO, TRI. 1513500033. 2017. “Implikatur Dialog Tokoh Lupit dan Slenteng dalam Wayang Golek Ki Entus Susmono Udud Dulu dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.
Pembimbing II : Lely Triyana, M.Pd.
Kata kunci: implikatur, dialog, wayang.
Penelitian ini bertujuan 1) mendiskripsikan jenis implikatur dialog tokoh Lupit dan Slenteng dalam wayang golek Ki Entus Susmono”Udud Dulu”; 2) mendeskripsikan fungsi dan tujuan implikatur dialog tokoh Lupit dan Slenteng dalam wayang golek Ki Entus Susmono”Udud Dulu”; dan 3) mendeskripsikan implikasi hasil penelitian ini bagi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Wayang Golek Ki Entus Susmono ”Udud Dulu”. Wujud data dalam penelitian ini adalah berupa dialog tokoh Lupit dan Slenteng. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak, rekam, dan catat. Teknik analisis data menggunakan penelitian kualitatif dengan metode padan pragmatis. Pengujian hasil dalam penelitian ini digunakan trianggulasi metode, trianggulasi teori dan review dialog.
Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa: 1) jenis implikatur digunakan yaitu: implikatur konvensional 11 data, implikatur non konvensional (implikatur percakapan) 17 data, dan praanggapan 6 data; 2) fungsi implikatur yang digunakan meliputi: menginformasikan 4 data, memohon dan mengharapkan 2 data, mengkritik 3 data, menyindir 3 data, menegaskan dan mendukung 11 data, mengeluh 2 data, menyarankan 6 data, dan mengejek 3 data. Tujuan implikatur yaitu representatif, direktif, dan ekspresif; 3) Implikatur dialog tokoh Lupit dan Slenteng dalam wayang golek Ki Entus Susmono “Udud Dulu” dapat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMA/SMK/MA kelas X semester ganjil. Silabus Bahasa Indonesia dan RPP Bahasa Indonesia di SMA berisi standar kompetensi yaitu memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung atau tidak langsung.
Saran yang dapat penulis sampaikan pada para pengguna bahasa diharapkan dapat menentukan sebuah tuturan disampaikan, bentuk apa yang akan dimunculkan dan dengan cara apa tuturan itu disampaikan.
15135000330 | YUL i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain