Skripsi
KESANTUNAN TUTURAN IMPERATIF DALAM KOMUNIKASI JUAL BELI HANDPHONE DI COMAL KABUPATEN PEMALANG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK
Nurcahyati, Dwi. 2017. “Kesantunan Tuturan Imperatif Dalam Komunikasi Jual Beli Handphone di Comal Kabupaten Pemalang dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.
Pembimbing II : Lely Triana, M.Pd.
Kata Kunci: Kesantunan dan Tuturan imperatif, Komunikasi Jual Beli Handphone, Implikasi.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesantunan tuturan imperatif yang terdapat dalam jual beli hanphone di comal kabupaten pemalang dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber datanya berupa komunikasi dalam jual beli hanphone di Comal Kabupaten Pemalang. Wujud data dalam penelitian ada 2 data yaitu prinsip-prinsip kesantunan leech dan tuturan imperatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik lanjutan catat. Analisis data menggunakan metode ujaran. Teknik penyajian hasil analisis menggunakan teknik formal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesantunan tuturan imperatif jual beli handphone di Comal Kabupaten Pemalang terdapat prinsip-prinsip kesantunan leech dan jenis tuturan imperatif. Dari dua data yang diperoleh, a). kesantunan: (1) bidal kearifan/kebijaksanaan, (2) bidal keperkenanan/pujian, (3) bidal kemurahatian, (4) bidal kerendahatian, (5) bidal kesetujuan, (6) kesimpatian dan b). jenis tuturan imperatif: (1) tuturan imperatif suruhan, (2) tuturan imperatif permohonan, (3) tuturan imperatif bujukan, (4) tuturan imperatif persilakan, (5) tuturan imperatif permintaan izin, (6) tuturan imperatif larangan. Serta delapan belas data yang terdapat dalam prinsip kesantunan dan sebelas data jenis tuturan imperatif. Hasil penelitian ini dapat diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK kelas X, khususnya dalam ketrampilan berbicara saat berdiskusi secara kelompok dan mempresentasikan dengan santun yang dikembangkan dalam RPP.
Saran dalam penelitian ini siswa hendaknya dalam berbicara santun dalam menggunakan penerapan kesantunan yang baik bertutur kata yang halus kepada guru atau pun orang tua. Guru disarankan dapat memanfaatkan kesantunan ini agar siswa dapat berbicara sopan maka guru harus menerapkan pembelajaran dalam prinsip-prinsip kesantunan ini siswa dapat menggambil langkah untuk mengubah perilaku dalam berbicara yang sebelumnya belum dilakukan baik dalam lingkungan keluarga atau pun sekolah.
15135001290 | NUR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain