Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLEXING, DAN EXTENDING) DALAM PEMBELAJARAN MEMBUAT TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMK YPT KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018
Daniroh. 2017 / 2018 “Penerapan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflexing, Extending) dalam pembelajaran membuat teks Cerpen pada siswa Kelas XI SMK YPT Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017 / 2018” Skripsi, Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pembimbing II Drs. Tri Mulyono, M.Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran CORE dan membuat teks cerpen.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) mengetahui pembelajaran menulis teks cerpen pada siswa Kelas XI SMK YPT Kota Tegal, (2) mengetahui prestasi belajar membuat teks cerpen pada siswa kelas XI SMK YPT Kota Tegal, (3) mengetahui keefektifan Model Pembelajaran CORE (Connecting Organizing Reflexing, Extending) dalam pembelajaran membuat teks cerpen pada siswa Kelas XI SMK YPT Kota Tegal, (4) mengetahui perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti pembelajaran membuat teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran CORE.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI SMK YPT Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017 / 2018 sebanyak 123 orang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas MO 4 dan MI 4 sebanyak 70 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t non –independent.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) sebelum menggunakan model pembelajaran CORE, ketrampilan membuat teks cerpen siswa tergolong rendah, sehingga perlu adanya metode yang efektif agar mengalami peningkatan, (2) prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran CORE, hal ini dibuktikan nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. (3) penggunaan model pembelajaran CORE sangat efektif.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan guru menemukan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan peserta didik sehingga pada proses pembelajaran lebih efektif. peserta didik diharapkan lebih banyak latihan menulis meningkatkan ketrampilan menulis. Pihak orangtua disarankan agar selalu memotivasi dan memberikan arahan dan bimbingan kepada anaknya sehingga anak lebih giat lagi dalam belajar, khususnya untuk meningkatkan kemampuan membuat teks cerpen.
15125000410 | DAN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain