Skripsi
NILAI – NILAI PENDIDIKAN PADA KUMPULAN PUISI ANAK “AKU INI PUISI CINTA” KARYA ABDURAHMAN FAIZ DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
SETIAWATI, PEPI. 2018 “Nilai-Nilai Pendidikan pada kumpulan Puisi Anak Aku Ini Puisi Cinta Karya Abdurahman Faiz dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Dosen Pembimbing I: Dra. Sri Mulyati, M.Pd dan Dosen Pembimbing II: Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum.
Kata kunci: Nilai Pendidikan, Puisi Anak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah nilai pendidikan apa saja yang ada pada puisi anak dan bagaimanakah nilai-nilai pendidikan yang terdapat di dalam puisi anak dalam pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai pendidikan apa saja yang ada pada puisi anak dan mendeskripsikan implikasi nilai pendidikan dalam pembelajaran di sastra di SMA.
Sumber data dalam penelitian ini adalah puisi anak pada kumpulan “Aku Ini Puisi Cinta” karya Abdurahman Faiz. Wujud data dalam penelitian ini adalah sebuah teks bacaan berupa kata-kata yang mengandung nilai-nilai pendidikan pada puisi anak karya Abdurahman Faiz yang berjudul “Ode Para Semut”, “Jalan Bunda”, “Doa Untuk Semua Tukang Sampah di Dunia”, “Dimana Syukurku” Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, yaitu dengan cara mencari data atau informasi dari buku-buku yang digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu memanfaatkan cara-cara penafsiran dengan menyajikanya dalam bentuk deskripsi.
Berdasarkan analisis, penulis menemukan bahwa puisi anak karya Maulida Fitriani yang berjudul “Ibu”, karya Jagad Gumelar yang berjudul “Pengamen Cilik di Lampu Merah”, dan karya Sherly Malinton yang berjudul “Bulan” mengandung nilai-nilai pendidikan (edukasi) di dalamnya, termasuk nilai moral yang mengartikan akhlak budi pekerti dan susila pada anak. Seperti, sikap suka menolong, keteguhan hati, kerjasama, dan kepedulian. Nilai keindahan yang bersumber pada rasa manusia (perasaan, estetis). Nilai religius yang mengarahkan kepada seorang anak tentang kerohanian yang bersumber dari keyakinan dan kepercayaan yang terdapat di masyarakat. Serta nilai kebenaran yang mengarahkan anak kepada yang baik dan benar.
15135001080 | PEP n C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain