Skripsi
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI PEMODERASI PADA MAHASISWA AKUNTANSI UPS TEGAL
Fajar Anur Sidik. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayan Diri Sebagai Pemoderasi Pada Mahasiswa Akuntansi UPS Tegal. Skripsi: Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kepercayaan diri sebagai pemoderasi pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi Univeritas Pancasakti Tegal. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik random sederhana. Jumlah kuesioner yang disebar sebanyak 150 eksemplar, sedangkan yang dapat digunakan untuk analisis dalam penelitian sebanyak 117 eksemplar.
Metode analisis data penelitian ini adalah dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis regresi moderasi, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, perilaku belajar berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, sedangkan kepercayaan diri bukan merupakan pemoderasi pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Kepercayaan Diri, Tingkat Pemahaman Akuntansi.
43135000400 | SID p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain