Skripsi
PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, FASHION INVOLVEMENT DAN HEDONIC SHOPPING TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOR PELANGGAN DI YOGYA MALL SLAWI
Tri Budi Astuti. Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, dan Hedonic Shopping terhadap Impulse Buying Behavior Pelanggan di Yogya Mall Slawi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Hedonic Shopping, Impulse Buying Behavior
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh shopping lifestyle terhadap impulse buying (Y) pelanggan Yogya Mall Slawi; 2) mengetahui pengaruh fashion involvement terhadap impulse buying (Y) pelanggan Yogya Mall Slawi; dan 3) mengetahui pengaruh hedonic shopping terhadap impulse buying (Y) pelanggan Yogya Mall Slawi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Kuesioner tertutup digunakan untuk mengukur shopping lifestyle (X1), fashion involvement (X2), dan hedonic shopping (X3), dan impulse buying (Y) pelanggan Yogya Mall Slawi. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan Yogya Mall Slawi yang diambil 100 orang sampel secara accidental random sampling. Analisis data yang digunakan adalah dengan korelasi Rank Spearman dengan bantuan program SPSS 17.0.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap impulse buying pelanggan Yogya Mall Slawi dengan nilai koefisien korelasi Rank Spearman 0,323; 2) fashion involvement berpengaruh signifikan terhadap impulse buying pelanggan Yogya Mall Slawi dengan nilai koefisien korelasi Rank Spearman 0,326; dan hedonic shopping berpengaruh signifikan terhadap impulse buying pelanggan Yogya Mall Slawi dengan nilai koefisien korelasi Rank Spearman 0,411.
Yogya Mall Slawi disarankan agar dapat memperhatikan dan meningkatkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi terciptanya impulse buying para pengunjung. Impulse buying dapat menentukan keputusan pembelian dan keputusan pembelian oleh konsumen berarti transaksi penjualan yang menguntungkan. Disamping itu secara umum Yogya Mall disarankan untuk dapat meningkatkan fasilitias, kenyamanan dan keramahan yang telah dimiliki; hal tersebut dimungkinkan dapat meningkatkan perasaan “involvement” bagi para pengunjung bukan hanya pada produk fashion tetapi perasaan “involvement” terhadap Yogya Mall sleuruhnya. Fasilitias yang istimewa serta kenyamanan dan keramahan juga dapat memuaskan kalangan masyarakat yang telah memiliki gejala hedonic shopping pada diri mereka. Dengan demikian mereka akan lebih sering berkunjung dan berbelanja di Yogya Mall Slawi.
41135002180 | AST p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain