Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN MASUK SEKOLAH TEPAT WAKTU MELALUI KONSELING INDIVIDU MENGGUNAKAN PENDEKATAN CLIENT CENTER PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK ISLAM TERPADU RAUDHOTUL MUBTADIIN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
SUKMAWANDI, DANI. 2017. Upaya Meningkatkan Kesadaran Masuk Sekolah Tepat
Waktu Melalui Konseling Individu Menggunakan Pendekatan Client Center pada Peserta Didik Kelas X SMK Islam Terpadu Raudhotul Mubtadiin Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017.Jurusan Bimbingan dan Konseling.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dra. Sri Sumarsih, M.Pd
Pembimbing II: Dr. Suriswo,M.Pd
Kata Kunci: Kesadaran Masuk Sekolah Tepat Waktu,
Kesadaran masuk sekolah tepat waktu dapat dilaksanakan apabila para peserta didik mempunyai kesadaran yang cukup tinggi terhadap peraturan atau tata tertib sekolah yang telah ditetapkan. Maka latar belakang penelitian ini didasari pada peserta didik yang memiliki kesadaran masuk sekolah tepat waktu yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana peningkatkan kesadaran masuk sekolah tepat waktu melalui konseling individu menggunakan pendekatan client center pada peserta didik kelas X SMK Islam Terpadu Roudhotul mubtadiin Ulujami Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Populasi penelitian ini peserta didik kelas X SMK Islam Terpadu Roudhotul Mubtadiin Ulujami Kabupaten Pemalang yaitu berjumlah 70 Peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana sampel merupakan peserta didik kelas X berjumlah 6 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan rumus Spearman-Brown. Sedangkan metode analsis data menggunakan analsis deskriptif presentase dan uji-t.
Tingkat kesadaran masuk sekolah tepat waktu didik sebelum diberikan konseling individu menggunakan pendekatan client center memiliki presentase 50% (kriteria rendah). Setelah diberikan konseling individu menggunakan pendekatan client center meningkat menjadi tinggi (66,6%). Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh hasil nilai thitung sebesar 9,733 yang kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5 % sebesar 2,571 sehingga thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan Ho “ditolak” dan Ha diterima.
Disarankan kepada peserta didik yang memiliki kesadaran masuk sekolah tepat waktu rendah, sebaiknya segera diberikan bantuan dengan pemberian konseling individu menggunakan pendekatan client center.
11135001040 | SUK u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain