Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK SMP NEGERI 4 BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
NUGROHO, BAYU. 2017. Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik
Role Playing Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik SMP Negeri 4 Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Suriswo, M.Pd
Pembimbing II Drs. Sukoco KW, M.Pd
Kata Kunci : Perilaku agresif, layanan bimbingan kelompok teknik role
playing
Penelitian ini bertujuan untuk: a) mengetahui pengembangan perilaku agresif sebelum diberikan perlakuan. b) mengetahui pengembangan perilaku agresif setelah diberikan perlakuan. c) mengetahui besarnya efektifitas layanan bimbingan kelompok teknik role playing dalam mengurangi perilaku agresif.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan teknik simple random sampling yang terdiri dari siswa kelas VIII A – VIII I. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif disajikan dengan distribusi frekuensi skor angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengurangi perilaku agresif sekolah telah membuat program pembiasaan dan budaya sekolah. Pelaksanaan program dalam mengurangi perilaku agresif peserta didik adalah dengan 1) membuat tata tertib peserta didik dan peserta didik yang melanggar akan dikenakan sanksi guna melatih kedisiplinan peserta didik. 2) kegiatan ekstrakulikuler guna menumbuhkan karakter baik peserta didik. 3) memaksimalkan kegiatan belajar mengajar dengan membentuk kelompok guna menumbuhkan keharmonisan antar teman. Berdasarkan hasil angket sebagian besar peserta didik menunjukkan pengurangan perilaku agresif pada kategori kurang (33,33%).
Dari hasil perhitungan pre test dan post testdiperoleh thitung> ttabel yaitu 3,72> 2,756, maka layanan bimbingan kelompok teknik role playing dalam mengurangi perilaku agresif peserta didik SMP Negeri 4 Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018 adalah efektif.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada pihak sekolah untuk lebih mendukung dan lebih mengoptimalkan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengurangi perilaku agresif peserta didik, bagi peserta didik untuk mengikuti kegiatan bimbingan kelompok dengan teknik role playing agar bisa berubah menjadi perilaku yang berkarakter baik.
11135000350 | NUG e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain