Skripsi
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI BIDANG BIMBINGAN PRIBADI (STUDI PTBK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII E SEMESTER II SMPN 5 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
SULISTIYAWATI, ARI. 2017. “Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Bidang Bimbingan Pribadi (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas VII E Semester II SMP N 5 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Sukoco, KW, M. Pd, Pembimbing II: Dr. Suriswo, M.Pd.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Bidang Bimbingan Pribadi
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah banyak peserta didik yang memiliki prestasi belajar rendah. Tujuan yang hendak dicapai adalah: (1) Mengetahui pelaksanaan bimbingan pribadi pada peserta didik kelas VII E di SMP N 5 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017 (2) Mengetahui peran konselor dalam upaya meningkatkan prestasi belajar melalui layanan bimbingan pribadi pada peserta didik kelas VII E di SMP N 5 Taman Pemalang pada Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017, (3) Mengetahui pemberian layanan bimbingan pribadi dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik Kelas VII E di SMP N 5 Taman Pemalang Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan dalam Bimbingan Konseling dengan populasi penelitian berjumlah 30 peserta didik. Alat pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, catatan anekdot, dokumentasi. Penelitian tindakan ini terdiri dari empat komponen pokok: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Indikator keberhasilan sesuai dengan kesepakatan peneliti dengan guru BK sekolah yaitu 75%.
Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan bimbingan pribadi diperoleh rata-rata 74,33% pada siklus 1. Sedangkan pada siklus 2 diperoleh rata-rata 81,11%. Berdasarkan analisis deskriptif, hasil penelitian diperoleh tingkah laku peserta didik yang relevan dengan indikator prestasi belajar pada siklus 1 mencapai 64,00% dapat ditingkatkan menjadi 84,00% pada siklus 2, tingkat prestasi belajar pada siklus 1 diperoleh peserta didik tuntas 21 peserta didik (70,00%) dapat ditingkatkan pada siklus 2 yaitu tingkat prestasi belajar peserta didik tuntas sebanyak 26 peserta didik (86,67%) melebihi indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75% sehingga layanan b dikatakan bimbingan pribadi telah berhasil dan penelitian dihentikan. Terdapat peran bimbingan pribadi dalam prestasi belajar pada peserta didik kelas VII E SMP N 5 Taman Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini terbukti dari tingkat prestasi belajar peserta didik yang tuntas sebanyak 21 peserta didik (70,00%) dapat tingkatkan pada siklus 2 menjadi 26 peserta didik yang tuntas (86,67)% melebihi indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75%. Tingkat ketuntasan prestasi belajar peserta didik siklus I dan siklus II diperoleh selisih 16,67%.
Disarankan agar seluruh jajaran yang terkait dalam proses pendidikan di sekolah perlu adanya upaya keras dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, untuk itu diharapkan pihak sekolah dapat menjadikan bahan evaluasi dalam layanan bimbingan pribadi selanjutnya.
11145001330 | SUL u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain