Skripsi
KEEFEKTIFAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Studi Diskriptif Analitik Pada Peserta didik Kelas XI)
ASIH, SETYA FITRI. 1114500140. 2018. “Keefektifan Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Peserta Didik SMA Negeri 1 Kramat Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 (Studi Diskriptif Analitik Pada Peserta didik Kelas XI)”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Dino Rozano, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Sukoco K.W, M.Pd.
Kata Kunci: Keefektifan, Bimbingan dan Konseling, dan kemampuan sosial.
Kesulitan pembagian kemampuan sosial peserta didik ditunjukkan oleh adanya hambatan-hambatan tertentu baik bersifat psikologis, sosiologis, maupun fisiologis, pada akhirnya dapat menyebabkan pengembangan sosial yang dicapai peserta didik kurang maksimal. Hal ini terjadi karena pelaksanaan bimbingan dan konseling belum dilaksanakan secara terarah, sistematis, dan optimal sehingga terlihat kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling, 2) tingkat pengembangan sosial peserta didik sebelum dan setelah layanan bimbingan dan konseling bidang sosial, dan 3) Ada tidaknya keefektifan layanan bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kemampuan sosial peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014.
Populasi penelitian sejumlah 315 peserta didik, sampel diambil dengan teknik purpose sample diperoleh sampel sebanyak 16 peserta didik. Variabel penelitian adalah layanan bimbingan dan konseling sebagai variabel bebas dan kemampuan sosial peserta didik sebagai variabel terikat. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus spearman brown. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis statistik Uji-t dengan pre-test dan post-test one group design.
Hasil analisis deskriptif variabel X, pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling bidang sosial dilaksanakan dengan baik ditandai dengan 43,75% peserta didik antusias mengikuti layanan bimbingan dan konseling. Analisis deskriptif variabel Y, tingkat kemampuan sosial peserta didik sebelum treatment dalam kategori sedang yaitu 56,25% peserta didik cenderung bergaul secara efektif dengan teman dan masyarakat sekitar tetapi kurang mampu berkomunikasi dengan guru. Sedangkan setelah treatment dalam kategori tinggi yaitu 37,5% peserta didik cenderung dapat berkomunikasi dengan guru dan bergaul secara efektif dengan teman, guru, dan masyarakat tetapi masih kurang mampu mengambil keputusan dengan baik. Analsis statistik Uji-t diperoleh thitung = 2,828 dan ttabel dengan dk = 16-1 = 15, taraf signifikansi 5% didapat ttabel = 2,131, maka thitung > ttabel (2,828 > 2,131), artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan ada keefektifan layanan bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kemampuan sosial peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014.
Saran yang dapat penulis sampaikan hendaknya guru pembimbing dapat lebih memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling untuk mencegah dan mengatasi masalah peserta didik khususnya dalam hal kemampuan sosial peserta didik. Sehingga pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dapat efektif dalam mengembangkan kemampuan sosial peserta didik.
11145001400 | ASI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain