Skripsi
PENGARUH KONSELING KARIR MENGGUNAKAN TEKNIK BEHAVIORISTIK TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS X SMA PGRI 1 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
SUSANTO, ARI. 2018. Judul Skripsi “Pengaruh Konseling Karir Menggunakan Teknik Behavioristik terhadap Pengambilan Keputusan Karir Peserta Didik Kelas X SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018”, Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Sitti Hartinah, DS, MM
Pembimbing II Dra. Sri Sumarsih, M.Pd,
Kata Kunci : Pengambilan Keputusan Karir, Konseling Karir, Teknik Behavioristik
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengambilan keputusan karir sebelum diberikan layanan konseling karir menggunakan teknik behavioristik, 2) pengambilan keputusan karir setelah diberikan layanan konseling karir menggunakan teknik behavioristik, 3) pengaruh layanan konseling karir menggunakan teknik behavioristik terhadap pengambilan keputusan karir peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 62 peserta didik, dan sampel dalam penelitian adalah 20 peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pengambilan keputusan karir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji T-test.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pengambilan keputusan karir peserta didik sebelum konseling karir menggunakan teknik behavioristik dalam kategori buruk sebanyak 8 peserta didik (40%). Pengambilan keputusan karir setelah konseling karir menggunakan teknik behavioristik dalam kategori baik sebanyak 12 peserta didik (60%). Hasil analisis statistik diperoleh nilai uji t-test diperoleh hasil angka ketercapaian thitung sebesar 5,757. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 20 – 1 = 19 dimana diperoleh ttabel = 2,093 ternyata thitung = 5,757> ttabel = 2,093 yang berarti hipotesis nihil ditolak dan menerima hipotesis alternatif berbunyi “Ada pengaruh konseling karir menggunakan teknik behavioristik terhadap pengambilan keputusan karir peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018”.
Kemampuan pengambilan keputusan dalam kategori tinggi dalam arti peserta didik mampu merenanakan karir untuk masa depannya, dapat dijadikan acuan bagi guru BK dalam memaksimalkan pemberian layanan khusus bagi para peserta didik yang akan lulus atau yang ingin mengembangkan karirnya
11135000510 | SUS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain