Skripsi
HUBUNGAN PERILAKU HIPERAKTIF DENGAN PRESTASI BELAJAR AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH SLAWI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
RISKI, ISLAHANI MARYAMA. 2018. Judul Skripsi “Hubungan Perilaku Hiperaktif Dengan Prestasi Belajar Akademik Peserta Didik Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Slawi Tahun Pelajaran 2016/2017”, Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Maufur
Pembimbing II Dr. Suriswo M.Pd
Kata Kunci : Perilaku Hiperaktif, Prestasi Belajar
Anak hiperaktif ini sulit diajari sesuatu dan terus menerus bergerak tanpa henti. Saat teman-temannya memerhatikan guru di kelas, ia justru berbicara sendiri atau lari ke sana kemari dan menggangu teman yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perilaku hiperaktif peserta didik, 2) Prestasi belajar akademik, dan 3) Ada tidaknya hubungan perilaku hiperaktif dengan prestasi belajar akademik peserta didik kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Slawi Tahun Pelajaran 2016/2017.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sekaligus sebagai sampel yaitu sebanyak 6 peserta didik kelas X Akuntansi yang berperilaku hiperaktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus korelasi product moment.
Perilaku hiperaktif pada peserta didik SMK Muhammadiyah Slawi Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam kategori tinggi (66%). Prestasi belajar akademik pada peserta didik SMK Muhammadiyah Slawi Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam kategori rendah (50%). Dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai rhitung sebesar 0,816. Nilai rhitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan N = 6 pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) diperoleh rtable = 0,811 ternyata rhitung = 0,816 > rtabel = 0,811 yang berarti hipotesis alternatif diterima yaitu “Ada hubungan yang signifikan antara perilaku hiperaktif dengan prestasi belajar akademik peserta didik kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Slawi Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Adanya hubungan perilaku hiperaktif dengan prestasi belajar akademik peserta didik dapat dijadikan acuan guru BK dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, sehingga dibutuhkan penanganan khusus dalam mengatasi perilaku hiperaktif agar prestasi belajar akademik peserta didik dapat meningkat.
11135001050 | RIS h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain