Skripsi
PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 MOGA KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas VIII A)
NISA, FARIDA FITROTUN. 2018.“Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Moga Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2016/2017 (Studi PTBK Pada Kelas VIII A)”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dra. Sri Sumarsih, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Dino Rozano, M.Pd.
Kata Kunci: Bimbingan belajar, prestasi belajar
Prestasi merupakan hasil usaha yang dilakukan dan menghasilkan perubahan yang dinyatakan dalam bentuk simbol untuk menunjukkan kemampuan pencapain dalam hasil kerja dalam waktu tertentu. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa masih ada peserta didik yang mempunyai masalah dengan prestasi belajar.
Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui tingkat prestasi belajar peserta didik (2) untuk mengetahui layanan bimbingan belajar terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik, dan (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan belajar terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Moga Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Moga Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan Studi PTBK. Subjek penelitian peserta didik kelas VIII A. Pelaksanaan penelitian dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Jumlah subjek penelitian 43 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket.
Hasil Penelitian menunjukan: (1) Pelaksanaan layanan bimbingan belajar terhadap peserta didik SMP Negeri 3 Moga Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017 sudah berjalan lancar. Aktivitas peserta didik pada siklus I mencapai 69,75% masih kurang dari yang diharapkan yaitu 80% sehingga perlu adanya perbaikan dan pengembangan (2) Tingkat prestasi belajar pada siklus II diketahui 40 peserta didik tuntas (93,75%) dan 3 peserta didik belum tuntas (69,75%). Dengan demikian tingkat prestasi belajar pada siklus II mencapai 93,75% (3) Pengaruh layanan bimbingan belajar mencerminkan peningkatan prestasi belajar pada siklus II diperolehnya rata-rata 90,63%. Ada peningkatan prestasi belajar pada siklus II mencapai 93,75% lebih dari yang diharapkan yaitu 80% sehingga penelitian dikatakan berhasil dan dihentikan. (4) Pelaksanaan studi PTBK Melalui tindakan layanan bimbingan belajar dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pada kelas VIII A SMP Negeri 3 Moga Tahun Pelajaran 2016/2017.
Saran dari penulis diharapkan adanya pelaksanaan bimbingan belajar dapat dijadikan masukan dan bahan kajian dalam menyelesaikan masalah peserta didik khususnya masalah yang berkaitan dengan prestasi belajar, penelitian ini juga dapat dijadikan bahan evaluasi dalam pelaksanaan bimbingan belajar di sekolah.
11135000600 | NIS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain