Skripsi
PENGARUH KELUARGA BROKEN HOME TERHADAP PRESTASI BELAJAR (STUDI KASUS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
ANDIKA, ANDRI. 2018. ”Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Peserta Didik SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I. DrSuriswo, M.Pd
PembimbingII. Dr. Maufur.
Kata Kunci : Keluarga Broken Home, Prestasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa: Pertama, perilaku peserta didik yang mengalami keluarga broken home. Kedua, tingkat prestasi belajar peserta didik dari keluarga broken home di SMA Negeri 4 Kota Tegal.Ketiga, pengaruh keluarga broken home terhadap prestasi belajar peserta didik SMA Negeri 4 Kota Tegal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informasi yang dikumpulkan berasal dari ketiga sumber dan dari hasil observasi peneliti selama melakukan penelitian di rumah, tempat bermain dan sekolah subjek. Subjek penelitian ini adalah KY dan DFM.Kedua subjek sama-sama masih duduk di SMA yang sama namun beda kelas. Kedua subjek yang peneliti ambil adalah peserta didik yang berasal dari keluargabroken home. Menggunakan teknik analisis berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian memperlihatkan dan mengetahui bahwa: pertama, perilaku peserta didik yang mengalami keluarga broken home yaitu acuh tak acuh dan keras kepala, lebih sensitif, lebih pendiam, rasa peduli terhadap teman terkadang rendah, dan malas untuk belajar sehingga prestasi belajarnya menurun. Kedua, tingkat prestasi belajar peserta didik dari keluarga broken home di SMA Negeri 4
Kota Tega lrendah, peserta didik cenderung menjadi malas dan tidak memiliki motivasi untuk belajar, lebih memilih diam, rasa peduli terhadap teman terkadang rendah, kosentrasi belajar akan terganggu, pada peserta didik bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara peserta didik berasal dari keluarga broken home dengan prestasi belajar peserta didik dari keluarga utuh. Ketiga, pengaruh keluarga broken home terhadap prestasi belajar peserta didik di lingkungan sekolah yang dipengaruhi oleh pola tingkahlaku di rumah dan lingkungannya.
Disarankan agar seluruh jajaran yang terkait dalam proses pendidikan di sekolah dapat meningkatkan prestasi belajar bagipeserta didik yang tergolong rendah terutama pada peserta didik yang berasal dari keluarga broken home. Selanjutnya untuk peserta didik dapat mengurangi rasa malas dalam belajarnya dan memperbaiki tingkah lakunya.
11135000430 | AND p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain