Skripsi
PERAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU BERAGAMA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PGRI KOTA TEGALTAHUN PELAJARAN 2016/2017
Ilahiyah Ni’matul, 1113500028. 2018. “Peran Pola Asuh Orang Tua TerhadapPerilaku Beragama Peserta Didik Kelas XI SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017“, Skripsi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1 Dra. Sri Sumarsih, M. Pd, dan Pembimbing II Dr. Maufur, M. Pd.
Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Perilaku Beragama
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, tujuan dalam penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui tingkat pola asuh orang tua terhadap perilaku beragama peserta didik kelas XI SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017, (2) Untuk mengetahui tingkat perilaku beragama peserta didik, (3) Untuk mengetahui seberapa besar peran pola asuh orang tua terhadap perilaku beragama pesrta didik.
Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Sebagai populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMK PGRI Kota Tegal, berjumlah 200 peserta didik, maka untuk pengambilan sampel berjumlah 40 peserta didik. Adapun teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini penarikan secara probability yaitu simplerandom samplingdengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Menggunakan metode pengumpul data yang berupa observasi, angket, dokumentasi. uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus kolerasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif prosentase.
Hasil penelitian menunjukan (1) Tingkat pola asuh orang tua terhadap perilau beragama peserta didik kelas XI SMK PGRI Kota Tegal tergolong dalam kategori kurang (32,5%). (2) Tingkat perilaku bergama peserta didik dalam kategori kurang (30%). (3) Dari hasil formulasi korelasi product moment dengan jumlah N 40 taraf signifikan 5% menghasilkan rxy> rtabel (0,794 > 0,312). Maka hal ini berarti menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan “Ada peran secara signifikan pola asuh orang tua terhadap perilaku beragama peserta didik kelas XI SMK PGRI Kota Tegal 2016/2017”, Dinyatakan diterima.
Berdasarkan hasil simpulan, peneliti memberikan beberapa saran yang dapat dijadikan acuan. Perilaku beragama peserta didik kelas XI dalam kategori kurang maka diharapkan mampu mengubah kebiasaan gaya hidup sehari-hari yang buruk pada hal yang positif dengan mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah maupun dilingkungan masyarakat, komitmen pada diri sendiri untuk
melaksanakan kewajiban shalat 5 waktu.
11135000280 | ILA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain