Skripsi
UPAYA MENGATASI PERILAKU BULLYING MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING PESERTA DIDIK KELAS XI SMA AL-IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
MUZAINI, ACHMAD. 2018. Judul Skripsi “Upaya Mengatasi Perilaku Bullying Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Peserta Didik Kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017”, Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Sukoco KW. M.Pd
Pembimbing II Dra. Sri Sumarsih, M.Pd,
Kata Kunci : Perilaku Bullying, Bimbingan Kelompok, Role Playing
Bullying merupakan masalah kesehatan publik yang perlu mendapatkan perhatian karena orang-orang yang menjadi korban Bullying kemungkinan akan menderita depresi dan kurang percaya diri serta akan mengalami kesulitan dalam bergaul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perilaku Bullying sebelum layanan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing, 2) perilaku Bullying sesudah layanan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing, 3) Layanan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing dapat mengurangi perilaku Bullying peserta didik kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik pelaku bullying dan merupakan sebagai sampel penelitian sebanyak 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji T-test.
Perilaku Bullying peserta didik sebelum layanan konseling kelompok dengan teknik Role Playing pada peserta didik Kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017 adalah dalam kategori tinggi, sedangkan Perilaku Bullying sesudah layanan konseling kelompok dengan teknik Role Playing pada peserta didik Kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017 menurun dalam kategori rendah. Dari hasil analisis statistik, diperoleh thitung sebesar 3,55. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 18 – 1 = 17 dimana diperoleh ttable = 2,110 ternyata thitung = 3,55> ttabel = 2,110 yang berarti layanan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing dapat mengurangi perilaku Bullying di sekolah pada peserta didik kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan untuk terus menerus mencari informasi yang akurat mengenai Bullying sehingga dapat ditindak lanjuti dengan tepat agar hal ini mampu memutus rantai kekerasan.
11115000680 | MUZ u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain