Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN TRAITS AND FACTOR TERHADAP PEMILIHAN KARIR PESERTA DIDIK SMK MA’ARIF NU TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017” (Studi PTBK pada Kelas XI TAV)
SHINTASARI. 2017. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Traits and Factor Terhadap Pemilihan Karir Peserta Didik di SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 ( Studi PTBK pada Kelas XI TAV )” Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Dino Rozano, M.Pd., Pembimbing II: Dra. Sri Sumarsih, M.Pd.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Pemilihan Karir
Sekolah merupakan wadah bagi peserta didiknya untuk dapat mencapai kesuksesan karir. Dalam hal ini, banyak pihak dari sekolah yang berwenang yang dapat mendukung tercapainya kesuksesan peserta didiknya, diantaranya guru pembimbing / walikelas, guru mata pelajaran, konselor.
Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui tingkat pemilihan karir peserta didik sebelum dilakukannya layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan traits and factor pada peserta didik kelas XI TAV SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016 / 2017. 2) untuk mengetahui tingkat pemilihan karir peserta didik setelah dilakukannya layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan traits and factor pada peserta didik kelas XI TAV SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016 / 2017. 3) untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan traits and factor terhadap pemilihan kerir peserta didik kelas XI TAV SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016 / 2017.
Penelitian dilakukan di SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016 / 2017 dengan studi PTBK. Subjek penelitian peserta didik kelas XI TAV. Pelaksanaan penelitian 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Jumlah subjek penelitian 20 peserta didik. pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan tingkah laku peserta didik yang relevan dengan indikator pemilihan karir peserta didik pada kondisi awal (prasiklus) diperoleh data – rata sebesar 47%, sedangkan tingkah laku yang relevan dengan indikator pemilihan karir peserta didik pada siklus Idiperoleh rata – rata sebesar 59%, serta tingkah laku yang relevan dengan indikator pemilihan karir peserta didik pada siklus II diperoleh rata – rata sebesar 80%.
Saran dari penulis diharapkan adanya pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatatan traits and factor dapat digunakan sebagai kajian dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pemilihan karir pada peserta didik dan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di sekolah.
11135001190 | SHI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain