Skripsi
UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 4 BODEH KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (STUDI PTBK PADA KELAS VIII)
GUNANTO, HERRY. 2018. ”Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengurangi Perilaku Membolos Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Peserta Didik (Studi PTBK di Kelas VIII SMP Negeri 4 Bodeh Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I: Drs. Sukoco KW, M.Pd
Pembimbing II: Dr.Hj. Sitti Hartinah, DS, M.M.
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Perilaku Membolos.
Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan dalam Bimbingan Konseling dengan populasi penelitian berjumlah 81 peserta didik, dengan sampel 27 peserta didik. Alat pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, catatan anekdot, dokumentasi. Penelitian tindakan ini terdiri dari empat komponen pokok: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan dengan nilai minimal 75%. Dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok, tingkat perilaku membolos dan ada tidaknya upaya layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi perilaku membolos pada peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok diperoleh rata-rata 64,00% pada siklus I. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 86,00%. Berdasarkan analisis deskriptif, diperoleh tingkah laku peserta didik yang relevan dengan indikator perilaku membolos pada siklus I mencapai 67,00% dapat ditingkatkan menjadi 86,00% pada siklus II, tingkat perilaku membolos pada siklus I diperoleh peserta didik terentaskan 12 peserta didik (71,70%) dapat ditingkatkan pada siklus II yaitu tingkat perilaku membolos peserta didik terentasnya sebanyak 18 peserta didik (85,94%) melebihi indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75%, sehingga layanan bimbingan kelompok dikatakan telah berhasil dan penelitian dihentikan. Dan hipotesis tindakan kerja (Ha) “upaya guru Bimbingan dan Konseling melalui layanan bimbingan kelompok dapat mengurangi perilaku membolos pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Bodeh Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017” diterima. Hal ini terbukti dari tingkat perilaku membolos peserta didik yang terentaskan sebanyak 12 peserta didik (71,70%) dapat tingkatkan pada siklus II menjadi 18 peserta didik yang terentaskan 85,94% melebihi indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75%. Tingkat keterentasan perilaku membolos peserta didik siklus I dan siklus II diperoleh selisih 14,24%.
Saran dari penulis diharapkan pihak sekolah dapat mengurangi perilaku membolos peserta didik, upaya secara signifikan dalam mengurangi perilaku membolos dan menjadikan layanan bimbingan kelompok sebagai layanan yang dapat menangani permasalah tersebut.
11145001350 | GUN C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain