Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DENGAN PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF TERAPI DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA TEGAL TAHUN 2017/2018
HIDAYATULLAH, FAHMI. 2018. Judul Skripsi “Pengaruh Layanan Bimbingan Pribadi Dengan Pendekatan Rasional Emotif Terapi Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun 2017/2018”, Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Sukoco, KW, M.Pd
Pembimbing II Dr. H. Suriswo, M.Pd,
Kata Kunci : Bimbingan Pribadi, Rasional Emotif Terapi, Kenakalan Remaja
Kenakalan remaja semakin lama semakin meningkat. Banyak peristiwa yang merugikan bagi remaja dan bagi orang tuanya, kalangan pendidikan, serta masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) tingkat kenakalan remaja sebelum pelaksanaan bimbingan pribadi dengan pendekatan rasional emotif terapi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018, 2) tingkat kenakalan remaja setelah pelaksanaan bimbingan pribadi dengan pendekatan rasional emotif terapi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018, dan 3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan pribadi dengan pendekatan rasional emotif terapi terhadap kenakalan remaja pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 124 peserta didik, dan sampel dalam penelitian adalah 12 peserta didik yang bermasalah di sekolah mengenai kenakalan remaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji t-test.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kenakalan remaja sebelum layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan rasional emotif terapi dalam kategori tinggi, kemudian tingkat kenakalan remaja setelah layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan rasional emotif terapi dalam kategori rendah. Dari hasil analisis uji t-test diperoleh nilai thitung sebesar 3,347. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 12 – 1 = 11 dimana diperoleh ttabel = 2,201 ternyata thitung = 3,347 > ttabel = 2,201 yang berarti hipotesis alternatif diterima berbunyi “Terdapat pengaruh layanan bimbingan pribadi dengan pendekatan rasional emotif terapi dalam mengatasi kenakalan remaja pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun 2017/2018”.
Permasalahan tingkat kenakalan remaja yang tinggi bukan hanya guru BK saja yang dapat memantau, namun semua guru dan wali kelas juga dapat ikut serta memberikan motivasi pada peserta didik supaya tidak terjadi tindakan kekerasan di sekolah.
11135000690 | HID p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain