Skripsi
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK UNDERACHIEVER KELAS IX SMA NEGERI 1 BALAPULANG TAHUN PELAJAR 2016/2017
Alaudin, Naufal. 2017. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Peserta Didik Underachiever Kelas XI SMA Negeri 1 Balapulang 2016/2017. Skripsi, Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Maufur, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. H. Suriswo, M.Pd
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar, Underachiever
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya beberapa permasalahan peserta didik underachievement yang seringkali terabaikan oleh pihak sekolah maupun guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Tingkat motivasi belajar pada peserta didik underachiever kelas XI SMA Negeri 1 Balapulang (2) Perubahan tingkat motivasi belajar pada peserta didik underachiever kelas XI SMA Negeri 1 Balapulang setelah diberi layanan bimbingan kelompok, dan (3) Sejauhmana bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik underachiever SMA Negeri 1 Balapulang setelah diberi layanan bimbingan kelompok.
Penelitian ini dilaksanakan dengan jumlah sampel 10 peserta didik underachiever. Pendekatan penelitian tindakan bimbingan konseling. Pengumpulan data mengunakan skala psikologis & observasi. Uji validitas menggunakan rumus korelasi pearson product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Analisis data menggunakan statistik deskriptif prosentase dan analisis korelasi digunakan untuk menganalisis data berkaitan dengan meningkatnya motivasi belajar kemudian dideskripsikan.
Hasil penelitian diperoleh motivasi belajar siswa underachiever di kelas XI MIA 2: (1) sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok tingkat motivasi belajar peserta didik underachiever sebesar 51% kategori rendah. (2) Pada siklus 1 diperoleh hasil skala motivasi belajar meningkat 10%, dengan tingkat motivasi belajar rata-rata 60% kriteria sedang, setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus 1; Pada siklus 2 diperoleh hasil skala motivasi belajar meningkat 9%, dengan tingkat motivasi belajar rata-rata 69% kriteria tinggi, namun masih ada beberapa peserta didik underachiever yang masih termasuk kedalam tingkat motivasi sedang; Pada siklus 3 diperoleh hasil skala motivasi belajar meningkat 7%, dengan tingkat motivasi belajar rata-rata 76% kriteria tinggi, 8 peserta didik kategori tinggi dan 2 memiliki tingkat motivasi sangat tinggi. (3) Dengan pemberian layanan bimbingan kelompok yang tepat, maka motivasi belajar peserta didik underachiever dapat meningkat, hal ini dibuktikan dengan peningkatan motivasi belajar sebesar 25% dari sebelum diberi layanan bimbingan kelompok sebesar 51% dengan katergori rendah menjadi 76% dengan kategori tinggi.
Kepada Guru Bimbingan dan Konseling SMA Negeri 1 Balapulang hendaknya memperhatikan permasalahan peserta didik underachiever, agar perkembangan peserta didik underachiever dapat berkembang seperti peserta didik lainnya.
11125001770 | ALA m C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain