Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGURANGI KECANDUAN GADGET PADA PESERTA DIDIK KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
NUGROHO, ADITYA DWI. 2018. “Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecanduan Gadget Pada Peserta Didik Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Maufur, M.Pd., Pembimbing II: Drs. Sukoco KW, M.Pd.
Kata Kunci: Efektifitas, bimbingan kelompok, dan kecanduan gadget.
Kecanduan gadget merupakan suatu keadaan seseorang gemar memainkan barang elektronik yang memiliki fitur-fitur canggih di dalamnya dalam jangka waktu yang cukup lama, hal ini dapat berdampak negatif dan mengganggu perkembangan anak. Pada kenyataannya larangan untuk membawa gadget atau ponsel hanya sekedar sebuah wacana tanpa ada tindakan yang nyata sehingga perlu adanya layanan bimbingan dan konseling untuk mengurangi kecanduan gadget salah satunya yaitu dengan bimbingan kelompok.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) tingkat kecanduan gadget peserta didik sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok, 2) tingkat kecanduan gadget peserta didik setelah mendapat layanan bimbingan kelompok, dan 3) membuktikan efektif tidaknya layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kecanduan gadget pada peserta didik kelas XI Administrasi Perkantoran SMK N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal.
Populasi penelitian 152 peserta didik, dengan sampel peserta didik yang mempunyai kecanduan gadget tinggi sebanyak 16. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan statistik rumus t-test..
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat kecanduan gadget peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok mayoritas dalam kategori tinggi (37,50%), 2) Tingkat kecanduan gadget peserta didik sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok 2018 mayoritas dalam kategori rendah (43,75%), 3) Layanan bimbingan kelompok efektif digunakan untuk mengurangi kecanduan gadget pada peserta didik kelas XI Administrasi Perkantoran SMK N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018, Penelitian diperoleh thitung sebesar 3,620 dengan ttabel sebesar 2,131.
Saran dari penulis diharapkan guru pembimbing dapat meningkatkan pelaksanaan bimbingan kelompok, dan menjadi masukan dan bahan kajian dalam menyelesaikan masalah peserta didik khususnya masalah berkaitan dengan kecanduan gadget.
11135001220 | NUG e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain