Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP DAARU ULIL ALBAAB TAHUN PELAJARAN 2017/2018
IMAN, NURUL. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Curah Pendapat (Brainstorming) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Daaru Ulil Albaab Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Nurcholis, M.Pd., Pembimbing II: Subiyanto, M.Pd.
Kata Kunci: Model pembelajaran, curah pendapat, motivasi belajar PKn.
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita dengan lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, peserta didik kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Motivasi belajar PKn pada siswa kelas VIII SMP Daaru Ulil Albaab Warureja Tegal tergolong rendah, siswa cepat putus asa jika menghadapi soal-soal yang mereka anggap sulit, pengetahuan dan tingkat penguasaan siswa terhadap mata pelajaran PKn masih sangat rendah dan kurangnya rasa ingin tahu siswa tentang materi yang akan dipelajari.
Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VIII SMP Daaru Ulil Albaab semester I Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 32 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui 2 siklus kegiatan. Dalam penelitian ini, alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi 4 langkah, yaitu: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan atau tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflection).
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa yang relevan dapat meningkatkan motivasi belajar klasikal dari rata-rata hanya 50,35% dari yang diharapkan saat prasiklus ditingkatkan menjadi 22 siswa (68,75%) pada siklus I dan 30 siswa (93,75%) pada siklus II. Ketuntasan motivasi belajar pada siklus dua telah mencapai 93,75% sudah melebihi target ketuntasan belajar minimum yang disepakati yaitu 85% sehingga ketuntasan belajar klasikal telah tercapai.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian yaitu model pembelajaran curah pendapat (brainstorming) dapat dapat meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran PKn siswa kelas VIII SMP Daaru Ulil Albaab Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018. Saran yang dapat penulis sampaikan hendaknya guru dapat menggunakan model pembelajaran yang variatif sebagai salah satu alternative model pembelajaran PKn di SMP guna peningkatan motivasi dan prestasi belajar peserta didik salah satunya yaitu model pembelajaran curah pendapat (brainstorming).
12145000320 | IMA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain