Skripsi
UPAYA MENGURANGI KEBIASAAN MENCONTEK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 BALAPULANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Putri, Tiara Dewintya. 2017. Upaya Mengurangi Kebiasaan Mencontek Melalui Layanan Bimbingan Pribadi Pada Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dra. Sri Sumarsih, M.Pd dan Pembimbing II: Drs. Sukoco KW, M.Pd
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Pribadi, Kebiasaan Mencontek.
Penelitian ini dilatar belakangi adanya beberapa permasalahan peserta didik yang seringkali terabaikan oleh pihak sekolah bahkan guru. Rumusan penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana tingkat kebiasaan mencontek sebelum diberikan layanan bimbingan pribadi pada peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Balapulang 2) Bagaimana tingkat kebiasaan menontek setelah diberikan layanan bibingan pribadi pada peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Balapulang (3) Bagaimana upaya mengurangi kebiasaan mencontek melalui layanan bimbingan pribadi pada peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Balapulang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Tingkat kebiasaan mencontek sebelum diberikan layanan bimbingan pribadi pada peserta didik SMA Negeri Balapulang (2) Perubahan tingkat kebiasaan mencontek sesudah diberikan layanan bimbingan pribadi pada peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Balapulang (3) Sejauhmana bimbingan kpribadi dapat mengurangi kebiasaan mencontek peserta didik SMA Negeri 1 Balapulang
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2016 dengan jumlah sampel peserta didik 20. Pendekatan penelitian tindakan bimbingan konseling, jenis penelitian tindakan bimbingan pribadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan observasi. Uji validitas menggunakan rumus person product moment (PPM) dan uji reliabilitas menggunakan rumus korelasi Spearman-Brown. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian diperoleh persentase kebiasaan mencontek siswa di kelas X MIPA sebelum dilaksanakan layanan bimbingan pribadi menghasilkan interval 128-132 yaitu sebanyak 10 peserta didik dengan presentase 50% kategori tinggi. Dan setelah dilaksanakan treatment layanan bimbingan pribadi menghasilkan interval 113-116 yaitu sebnayak 11 peserta didik dengan presentase 55% dengan kategori rendah.
Disimpulkan bahwa layanan bimbingan pribadi ini dapat mengurangi kebiasaan mencontek peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri Balapulang dan diterima dengan baik. Saran yang diberikan adalah hendaknya konselor dapat memberikan perlakuan atau perhatian khusus kepada peserta didik yang mempunyai kebiasaan mencontek tinggi sebagai upaya dalam mengurangi kebiasaan mencontek peserta didk.
11125001310 | PUT u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain