Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKHNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
HERMAWAN SETIADI. 1111500104. 2016. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Role Playing Untuk Meningkatan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas VIII di SMP N 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Sukoco KW, M.Pd
Pembimbing II Dr. Suriswo, M.Pd.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok. Teknik Role Playing, Menungkatkan Rasa
Percaya Diri.
Dalam penelitian awal yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal diperoleh data bahwa rasa percaya diri peserta didik kelas VIII kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Ajaran
2016/2017 sebanyak 316 peserta didik, adapun sampel yang telah ditentukan dalam penelitian sebanyak 34 peserta didik diambil dari peserta didik yang memiliki rasa percaya diri yang kurang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan uji t-tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat rasa percaya diri peserta didik sebelum pemberian layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing dalam kriteria rendah yaitu (23,5%) atau sebanyak 8 peserta didik, Sedangkan, setelah pemberian layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing terhadap rasa percaya diri peserta didik menjadi tinggi yaitu (29,4%) atau sebanyak 10 peserta didik. Sedangkan hasil uji t-test uji t-test diperoleh nilai thitung sebesar 8,733. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) sebesar 2,733, dengan demikian thitung =
98,733> ttabel = 2,733. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing untuk meningkatkan rasa
percaya diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal
Tahun Pelajaran 2016/2017.
Saran yang dapat dikemukakan dari simpulan adalah diharapkan bagi guru pembimbing dapat lebih memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling agar peserta didik yang belum optimal hubungan sosialnya dapat ditangani dengan baik.
11115001040 | SET p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain