Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KARIR BERBANTUAN IT TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKN DI SMK BARUNA DUKUHWARU TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
RAHAYU, EKAWATI PUJI. NPM 1114500118. Judul Skripsi “Pengaruh Layanan Bimbingan Karir Berbantuan IT Terhadap Motivasi Berwirausaha Pada Peserta Didik Kelas X TKN SMK Baruna Dukuhwaru Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018”.
Pembimbing I : Dra. Sri Sumarsih, M.Pd, Pembimbing II : Dr. H. Suriswo, M.Pd
Kata Kunci :Bimbingan Karir Berbantuan IT dan Motivasi Berwirausaha
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan layanan bimbingan karir berbantuan IT, bagaimana motivasi berwirausaha peserta didik, apakah ada pengaruh layanan bimbingan karir berbantuan IT terhadap motivasi berwirausaha pada peserta didik kelas X TKN SMK Baruna Dukuhwaru Tegal ?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan karir berbantuan IT, motivasi berwirausaha peserta didik, serta pengaruh layanan bimbingan karir berbantuan IT terhadap motivasi berwirausaha pada peserta didik kelas X TKN SMK Baruna Dukuhwaru Tegal.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X TKN SMK Baruna Dukuhwaru Tegal yang berjumlah 24 peserta didik, adapun sampel sejumlah 20 peserta didik. Teknik sampling yang peneliti gunakan adalah teknik purposive sampling dengan alasan tujuan dari pengambilan sampel yang akan diteliti. Variabel penelitian adalah bimbingan karir berbantuan IT (variabel bebas) dan motivasi berwirausaha (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Sperman Brown. Teknik analisis data menggunakan product moment dan uji t.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa tingkat bimbingan karir berbantuan IT dan motivasi berwirausaha pada kategori rhitung sebesar 0,859 ternyata lebih besar dari rtabel dengan n = 20 taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel = 0,444 sehingga dengan demikian rhitung> rtabel (0,859>0,444). Karena rhitung lebih besar dari rtabel berarti ada pengaruh yang signifikan Layanan Bimbingan Karir Berbantuan IT Terhadap Motivasi Berwirausaha Peserta Didik Kelas X TKN SMK Baruna Dukuhwaru Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018.
Saran yang diajukan agar pendidik harus lebih interaktif dengan peserta didik agar peserta didik lebih termotivasi tentang karir di masa depan dengan memanfaatkan IT, diharapkan lebih banyak menerapkan penggunaan IT saat memberikan layanan bimbingan karir kepada peserta didik dan peserta didik harus dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran yang menggunakan IT agar peserta didik dappat mengembangkan kemampuan dalam menggunaan IT ke hal yang lebih positif dan bermanfaat untuk karirnya.
11145001180 | RAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain