Skripsi
EFEKTIFITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI POSITIF PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 1 KERSANA KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2017/2018
OKTAFIYANTO HADI PRAKOSO. 1111500261, 2018. Efektifitas Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Dalam Mengembangkan Konsep Diri Positif pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Kersana Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Sukoco KW, M.Pd., Pembimbing II Dr. Suriswo, M.Pd
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Konsep Diri Positif
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana tingkat konsep diri positif sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok pada peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Kersana Tahun Pelajaran 2017/2018; 2) Bagaimana tingkat konsep diri positif setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Kersana Tahun Pelajaran 2017/2018; 3) Bagaimana efektifitas pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan konsep diri positif pada peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Kersana Tahun Pelajaran 2017/2018.
Populasi penelitian ini peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Kersana Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 576 yang terdiri dari enam belas kelas dari enam jurusan. Dari 576 responden tersebut digunakan sampel 72 peserta didik dengan teknik Purposive Sampling Uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabelitas menggunakan rumus Spearman Brown. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t.
Data penelitian ini diperoleh dari penyebaran angket. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan 1) Konsep diri positif peserta didik Kelas X SMK Negeri 1 Kersana Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018 sebelum pemberian layanan bimbingan kelompok termasuk kategori rendah. Hal ini dibuktikan dari skor tertinggi yang diperoleh adalah 54 dan skor terendah 37, mean sebesar 45,90, serta simpangan bakunya sebesar 4,22; 2) Konsep diri positif peserta didik Kelas X SMK Negeri 1 Kersana Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018 sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok termasuk kategori sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dari skor tertinggi yang diperoleh adalah 96 dan skor terendah 83, mean sebesar 89,54, serta simpangan bakunya sebesar 3,62; 3) Ada efektifitas pelaksanaan bimbingan kelompok dalam mengembangkan konsep diri positif pada peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Kersana Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji t didapat thitung sebesar 83,370 sedangkan harga ttabel untuk dk (72 – 1) = 71 taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel sebesar 2,000. Hasilnya thitung sebesar 83,370 lebih besar dari 2,000 atau thitung > ttabel. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan diterima atau terbukti.
Disarankan bagi guru hendaknya memberikan pemahaman kepada peserta didik untuk meningkatkan konsep diri positif. memberikan pemahaman kepada peserta didik agar memanfaatkan bimbingan kelompok.
11115002610 | PRA e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain