Skripsi
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP PENINGKATAN SIKAP SANTUN PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS. NEGERI 1 KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
HASTANTO, DANANG DWI. 2018. “Efektivitas Layanan Bimbingan Pribadi terhadap Peningkatan Sikap Santun Peserta Didik Kelas VIII MTs. Negeri 1 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Sukoco, K.W., M.Pd., Pembimbing II: Dr. Suriswo, M.Pd.
Kata Kunci: Efektifitas, bimbingan pribadi, dan sikap santun.
Di tengah tantangan menghadapi era globalisasi permasalahan peserta didik semakin beragam. Selain itu dilihat dari perkembangannya peserta didik jaman sekarang sangat rentan bermasalah dalam bersikap santun. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena peserta didik kurang mampu menerapkan sikap santun di lingkungan sekolah. Padahal sikap santun sangat penting diterapkan terutama ketika berinteraksi dengan orang yang lebih tua seperti orang tua dan guru.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pelaksanaan layanan bimbingan pribadi pada peserta didik, 2) tingkat sikap santun peserta didik, dan 3) ada tidaknya efektifitas layanan bimbingan pribadi terhadap peningkatan sikap santun peserta didik kelas VIII MTs. Negeri 1 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian pre-experimetal dengan desain pre-test and post-test one group. Populasi penelitian 452, sampel penelitian 16. Alat pengumpulan data berupa: angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan Uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase dan Statistik Uji-t (Pre-test and Post-test One Group Design).
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan layanan bimbingan pribadi pada peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 mayoritas dalam kategori tinggi (43,75%), yaitu pada interval 110-116 sebanyak 7 peserta didik; 2) Tingkat sikap santun sebelum layanan bimbingan pribadi pada peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 mayoritas dalam kategori cukup (37,50%), frekuensi tertinggi pada interval skor 102-109 sebanyak 6 peserta didik dan sesudah layanan bimbingan pribadi pada peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 mayoritas dalam kategori tinggi (56,25%), frekuensi tertinggi pada interval skor 118-125 sebanyak 9 peserta didik; 3) Ada efektifitas layanan bimbingan pribadi terhadap peningkatan sikap santun peserta didik kelas VIII MTs. Negeri 1 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018, terbukti dari hasil hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,277 dan ttabel 2,131, karena thitung lebih besar dari ttabel (3,227 > 2,131), maka Ho ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima.
Adanya pelaksanaan bimbingan pribadi, diharapkan dapat dijadikan masukan dan bahan kajian bagi guru pembimbing dalam menyelesaikan masalah-masalah peserta didik khususnya dalam hal ini sikap santun, penelitian ini juga dapat dijadikan bahan evaluasi dalam pelaksanaan bimbingan pribadi di sekolah..
11115000860 | HAS e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain