Skripsi
KEEFEKTIFAN MEDIA DADU BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI SLAWI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Khasanah, Anisatun. 2018. “Keefektifan Media Dadu Bergambar dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Slawi Tahun Pelajaran 2017/2018.” Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Panca Sakti Tegal. Pembimbing I : Dra.Sri Mulyati, M.Pd.
Pembimbing II : Agus Riyanto, M.Pd.
Kata kunci : keterampilan menulis teks eksposisi, media dadu bergambar.
Penelitian ini untuk mengetahui keefektifan media dadu bergambar dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII MTs Negeri Slawi Tahun Pelajaran 2017/2018.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dimaksudkan apakah media dadu bergambar efektif dalam pembelajaaran menulis teks eksposisi atau tidak. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Slawi dengan jumlah 450 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas berupa media dadu bergambar, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil pembelajaran menulis teks eksposisi siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data statistik dengan uji t-non independen dan uji t-independen.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan menulis teks eksposisi dengan menggunakan media dadu bergambar. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil perbandingan antara hasil pretes dan postes antara kedua kelas tersebut. Hasil pretes pada kelas eksperimen dalam menulis teks eksposisi siswa memperoleh rata-rata 72,37, sedangkan untuk potes nya sebanyak 82,53. Peningkatan menulis teks eksposisi pada siswa dapat dilihat dari hasil postes yang mengalami peningkatan sebanyak 10,16. Pada kelas kontrol penulisan teks eksposisi untuk pretes siswa memperoleh rata-rata 64,54, sedangkan untuk postes nya yaitu 73,34. Peningkatan menulis eksposisi pada siswa dapat dilihat dari hasil postes pada kelas kontrol yang mengalami peningkatan sebanyak 8,80. Penelitian ini telah membuktikan keefektifan media dadu bergambar dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII MTs Negeri Slawi. Peningkatan menulis teks eksposisi pada siswa dapat dilihat dari hasil pretes dan postes pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yang cukup berarti yaitu dengan rata-rata 10,16 dibandingkan kelas kontrol yang hanya 8,80.
15145000380 | KHA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain