Skripsi
TOPIKALISASI WACANA DALAM TEKS PIDATO-PIDATO KENEGARAAN PRESIDEN JOKO WIDODO DAN IMPLIKASI PEMBELAJARANNYA DI SMA
Ifada, Ellena Prescilia Sabet. 2018. “Topikalisasi Wacana dalam Teks Pidato-Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dan Implikasi Pembelajarannya di SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Unversitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Tri Mulyono, M.Pd.
Pembimbing II Leli Triana, S.S., M.Pd.
Kata Kunci: Topikalisasi, Pidato, Implikasi.
Penelitian ini membahas topikalisasi wacana dalam teks pidato-pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dan Implikasi Pembelajarannya di SMA. Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan topikalisasi pidato dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa lima teks pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo. Wujud data dalam penelitian ini adalah kalimat dan paragraf dalam pidato. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik simak sebagai teknik dasar dan teknik catat sebagai teknik kelanjutannya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis wacana (discourse analysis). Teknik penyajian hasil analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik informal.
Berdasarakn hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat diklasifikasikan berikut ini: (1) Pidato Musyawarah Luar Biasa (MUNASLUB) Partai Golkar, topikalisasi antarkalimat 7, topikalisasi antarparagraf 2; (2) Pidato kenegaraan saat sidang Tahunan MPR tahun 2017 dalam rangka HUT Ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, topikalisasi antarkalimat 6, topikalisasi antarparagraf 16; (3) Pidato Kenegaraan dalam Rangka HUT Ke-70 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Di depan Sidang Bersama DPD dan DPR, topikalisasi antarkalimat 4, topikalisasi antarpargraf 15; (4) Pidato Kenegaraan Saat Sidang Bersama DPR-DPD, topikalisasi antarkalimat 2, topikalisasi antarparagraf 6; (5) Pidato ”Kenegaraan Tentang RAPBN 2017, topikalisasi antarkalimat 2, topikalisasi antarparagraf 14. Hasil analisis topikalisasi pada teks pidato tersebut dapat diimpimplikasikan dalam materi teks eksplanasi kompleks dalam menemukan gagasan utama yang berupa fakta pada proses suatu kejadian dalam sebuah teks bacaan.
Saran dari penelitian ini adalah bagi guru, khususnya guru bahasa Indonesia supaya dapat memberi contoh mengenenai topikalisasi wacana, sehingga peserta didik dapat menemukan gagasan utama dalam teks eksplanasi kompleks. Bagi peserta didik, hendaknya lebih teliti dan cermat jika akan mencari gagasan utama dalam sebuah teks eksplanasi.
15145000050 | IFA t C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain